PRATIWI, DITA RIZKI (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) PADA MATA PELAJARAN IPA TERHADAP PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 3 PURWOKERTO TAHUN AJARAN 2014/2015. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (700kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (720kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (620kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian dengan judul
pengaruh model pembelajaran PBL
(Problem Based
Learning)
pada mata pelajaran IPA terhadap peningkatan aktivitas belajar siswa kelas VII
SMPN 3 Purwokerto
telah dilaksanakan pada mata pelajaran IPA semester gasal
tahun pelajaran 2014
/2015
. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh
model pembelajaran PBL (
Problem Based Learning
)
pada mata pelajaran IPA materi
Biologi terhadap peningkatan aktivitas belajar siswa
. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode eksperimen dengan teknik pengambilan sampel
secara
cluster random sampling
. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas
VII SMP Negeri 3 Purwokerto yang terdistribusi dalam 7 kelas. Teknik analisis
data menggunakan uji korelasi dan dilanjutkan uji t untuk mengetahui tingkat
signifikansi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa yang
meliputi penguasaan konsep ipa, analisis konsep ipa, mengomunikasikan ide,
menjelaskan, menginterpretasikan, dan menyimpulkan menunjukkan bahwa
adanya korelasi yang signifikan pada semua kemampuan, tetapi tingkat
hubungannya bervariasi. Kondisi tersebut mempengaruhi hasil belajar siswa yang
ditunjukkan dengan rata-rata nilai post-test kelas eksperimen mencapai 95
sedangkan nilai rata-rata post-test kontrol sebesar 90. Berdasarkan hasil penelitian
tersebut dapat disimpulkan bahwa desain pembelajaran PBL
(Problem Based
Learning)
pada mata pelajaran IPA berpengaruh terhadap aktivitas belajar siswa
kelas VII SMP Negeri 3 Purwokerto.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Teguh Julianto, S.Pd., M.Si
Uncontrolled Keywords: aktivitas belajar siswa , biologi , hasil belajar , problem based learning
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi S1
Depositing User: Users 144 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2018 06:31
Last Modified: 11 Dec 2024 01:09
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6938

Actions (login required)

View Item View Item