IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK MODEL JARING LABA – LABA (WEB) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA ASPEK KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI SISWA KELAS III SD NEGERI 1 PADAMARA TAHUN AJARAN 2011/2012

SUNARYATI, - (2013) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK MODEL JARING LABA – LABA (WEB) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA ASPEK KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI SISWA KELAS III SD NEGERI 1 PADAMARA TAHUN AJARAN 2011/2012. Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
SUNARYATI COVER.pdf

Download (571kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SUNARYATI BAB I.pdf

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SUNARYATI BAB II.pdf

Download (530kB) | Preview
[img] Text
SUNARYATI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (553kB)
[img] Text
SUNARYATI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (667kB)
[img] Text
SUNARYATI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (511kB)
[img]
Preview
Text
SUNARYATI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (493kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran tematik atau pembelajaran terpadu merupakan fenomena baru di dunia pendidikan khususnya bagi guru kelas awal. Guru, selaku agen pembelajaran harus mampu menerapkan pembelajaran tematik. Guru memiliki kewenangan untuk menentukan tema, menyusun perencanan pembelajaran, melaksanakan proses belajar mengajar, melakukan penilaian, dan melaksanakan tindak lanjut. Pembelajaran tematik dalam penelitian ini difokuskan pada pembelajaran Bahasa Indonesia aspek keterampilan menulis deskripsi kelas III sekolah dasar dengan model jaring laba-laba. Penelitian ini adalah penelitian jenis kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pembelajaran tematik dengan model jaring labalaba khususnya pembelajaran Bahasa Indonesia aspek menulis deskripsi. Subyek penelitian adalah guru kelas III SD Negeri 1 Padamara. Kepala sekolah, siswa, dan ahli tematik sebagai subyek pendukung. Obyek penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran tematik Bahasa Indonesia aspek keterampilan menulis deskripsi. Keterpaduan empat aspek keterampilan Bahasa Indonesia, yaitu mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis adalah tematik yang dimaksudkan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas III SDN 1 Padamara menerapkan tematik model jaring laba-laba dalam pembelajaran Bahasa Indonesia aspek keterampilan menulis deskripsi. Siswa menemukan kosa kata untuk mendeskripsikan benda yang dilihat melalui bantuan jaring laba-laba yang dibuat oleh guru. Siswa mampu membuat kalimat sederhana paling sedikit 3 kalimat untuk mendeskripsikan sebuah benda. Siswa mendeskripsikan benda yang dilihat dibantu dengan batasan jaring laba-laba lebih mudah dan terfokus dalam menentukan kosakata. Guru kelas awal (kelas I,II,III) melaksanakan pembelajaran tematik semenjak diamanatkan oleh kurikulum tahun 2006. Semua guru seharusnya telah menerapkan pembelajaran tematik antar mata pelajaran. Keterpaduan empat aspek Bahasa Indonesia tidak mungkin terpisahkan satu dengan lainnya sehingga model pembelajaran tematik pasti diterapkan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Fahruroji, M.Pd dan Dr. Furqanul Aziez, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Menulis Deskripsi; Pembelajaran Tematik; Jaring Laba-Laba;
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Program Pascasarjana > Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia S2
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 10 Jan 2018 03:32
Last Modified: 10 Jan 2018 03:32
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/6931

Actions (login required)

View Item View Item