KEEFEKTIVAN MODEL SINEKTIK DIBANDINGKAN MODEL NONDIRECTIVE TEACHING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN (STUDI KOMPARASI DI MA NEGERI PURBALINGGA)

RIYANTI, - (2013) KEEFEKTIVAN MODEL SINEKTIK DIBANDINGKAN MODEL NONDIRECTIVE TEACHING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN (STUDI KOMPARASI DI MA NEGERI PURBALINGGA). Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
TESIS RIYANTI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
RIYANTI BAB I.pdf

Download (594kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RIYANTI BAB II.pdf

Download (651kB) | Preview
[img] Text
RIYANTI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (641kB)
[img] Text
RIYANTI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (704kB)
[img] Text
RIYANTI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (669kB)
[img] Text
RIYANTI BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (571kB)
[img]
Preview
Text
RIYANTI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (571kB) | Preview
[img] Text
RIYANTI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (679kB)

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui: (1) keefektifan pembelajaran menulis cerpen dengan perlakuan model sinektik di MA Negeri Purbalingga, (2) keefektifan pembelajaran menulis cerpen dengan perlakuan model nondirective teaching di MA Negeri Purbalingga, dan (3) perbedaan keefektifan pembelajaran menulis cerpen dengan perlakuan model sinektik dan pembelajaran menulis cerpen dengan perlakuan model nondirective teaching di MA Negeri Purbalingga. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen. Desain penelitiannya adalah quasi experimental design; non equivalent control group design. Populasi penelitian meliputi kelas XII. Melalui purposive sampling, kelas XII IPA 1 dijadikan sebagai kelas eksperimen dengan pemberian perlakuan model sinektik sebagai model yang diunggulkan dalam penelitian ini. Sedangkan kelas XII IPA 2 dijadikan kelas pembanding (kelas kontrol) dengan perlakuan model nondirective teaching. Pemilihan kedua kelas sampel berdasarkan pertimbangan bahwa kedua kelas merupakan kelas yang memiliki kesamaan dalam jumlah siswa dan kemampuan akademik. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tes penugasan yaitu soal tes menulis cerpen yang diberikan pada sebelum dan sesudah pemberian perlakuan. Berdasarkan uji signifikansi penelitian diperoleh kesimpulan bahwa model sinektik lebih efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis cerpen di MA Negeri Purbalingga dibandingkan dengan model nondirective teaching. Dari hasil penghintungan uji t untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai t hitung sebesar 3,002. Berdasarkan tabel distribusi t, diketahui t tabel sebesar 1,674. Terlihat t hitung (3,002) > t tabel (1,674). Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran sinektik lebih efektif dibandingkan dengan model nondirective teaching dalam pembelajaran menulis cerpen di MA Negeri Purbalingga

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Furqanul Aziez, M.Pd., dan Dr. Yoyo Suryakusumah, Dip. TEFL. M,Pd.,
Uncontrolled Keywords: menulis cerpen; model sinektik; model non directive teaching;
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Program Pascasarjana > Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia S2
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 10 Jan 2018 03:12
Last Modified: 10 Jan 2018 03:12
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/6928

Actions (login required)

View Item View Item