BAROKAH, UPIK (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CTL ( CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING ) TERHADAP PEMAHAMAN DAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI PATIKRAJA DALAM MEMPELAJARI KONSEP BIOLOG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (625kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (726kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (913kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (843kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (678kB) | Preview

Abstract

Penelitian dengan judul pengaruh model pembelajaran CTL (
Contextual
Teaching and
Learning
) terhadap pemahaman dan
minat belajar siswa kelas X
SMA Negeri Patikraja dalam mempelajari konsep biologi
, telah dilaksanakan
pada semester genap tahun ajaran 2011/2012. Penelitian dilakukan dengan tujuan
untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CTL t
erhadap pemahaman dan
minat belajar siswa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
eksperimen dengan teknik pengambilan sample secara
cluster random sampling
.
Objek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri Patikraja yang terdistribus
i
dalam kelompok besar (kelas) yang ditentukan berdasarkan undian, yakni untuk
menentukan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa nilai rata
-rata postes pada kelas eksperimen sebesar
72.56, sedangkan pada
kelas kontrol sebesa
r 68.36. Hasil analisis uji t dua arah menunjukkan t
hitung
=
6.948 > t
tabel
= 2.27
. Hasil observasi terhadap aktivitas belajar siswa yang terkait
dengan minat belajar siswa diperoleh persentase rata
-rata untuk kriteria SB, B dan
C secara urut: partisipasi
aktif siswa sebesar 9.86%, 30.39% dan 11.76%.
Ketertarikan mengamati objek biologi sebesar 0%, 10.48% dan 15.63%. Aktivitas
diskusi sebesar 24.73%, 23.4% dan 20.06%. Kemampuan berargumentasi sebesar
18.75%, 21.23% dan 22.06%. Aktivitas mengerjakan tugas se
besar 18.2%,
43.16% dan 21.86%. Kemampuan menyimpulkan se
besar 20.04%, 43.21% dan
36.81%
. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran CTL berpengaruh
terhadap pemahaman dan minat belajar
siswa kelas X SMA Negeri Patikraja
dalam mempelajari konsep biologi.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Teguh Julianto, S.Pd. M.Si. dan Drs. Heri Maryanto, M.Si
Uncontrolled Keywords: Minat belajar, Model Pembelajaran CTL Contextual Teaching and Learning , Pemahaman.
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi S1
Depositing User: Users 144 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2018 01:20
Last Modified: 01 Jul 2024 03:21
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6908

Actions (login required)

View Item View Item