BAROKAH, UPIK (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CTL ( CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING ) TERHADAP PEMAHAMAN DAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI PATIKRAJA DALAM MEMPELAJARI KONSEP BIOLOG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (625kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II.pdf Download (726kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (913kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (843kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (613kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (678kB) | Preview |
Abstract
Penelitian dengan judul pengaruh model pembelajaran CTL (
Contextual
Teaching and
Learning
) terhadap pemahaman dan
minat belajar siswa kelas X
SMA Negeri Patikraja dalam mempelajari konsep biologi
, telah dilaksanakan
pada semester genap tahun ajaran 2011/2012. Penelitian dilakukan dengan tujuan
untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CTL t
erhadap pemahaman dan
minat belajar siswa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
eksperimen dengan teknik pengambilan sample secara
cluster random sampling
.
Objek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri Patikraja yang terdistribus
i
dalam kelompok besar (kelas) yang ditentukan berdasarkan undian, yakni untuk
menentukan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa nilai rata
-rata postes pada kelas eksperimen sebesar
72.56, sedangkan pada
kelas kontrol sebesa
r 68.36. Hasil analisis uji t dua arah menunjukkan t
hitung
=
6.948 > t
tabel
= 2.27
. Hasil observasi terhadap aktivitas belajar siswa yang terkait
dengan minat belajar siswa diperoleh persentase rata
-rata untuk kriteria SB, B dan
C secara urut: partisipasi
aktif siswa sebesar 9.86%, 30.39% dan 11.76%.
Ketertarikan mengamati objek biologi sebesar 0%, 10.48% dan 15.63%. Aktivitas
diskusi sebesar 24.73%, 23.4% dan 20.06%. Kemampuan berargumentasi sebesar
18.75%, 21.23% dan 22.06%. Aktivitas mengerjakan tugas se
besar 18.2%,
43.16% dan 21.86%. Kemampuan menyimpulkan se
besar 20.04%, 43.21% dan
36.81%
. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran CTL berpengaruh
terhadap pemahaman dan minat belajar
siswa kelas X SMA Negeri Patikraja
dalam mempelajari konsep biologi.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Teguh Julianto, S.Pd. M.Si. dan Drs. Heri Maryanto, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Minat belajar, Model Pembelajaran CTL Contextual Teaching and Learning , Pemahaman. |
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi S1 |
Depositing User: | Users 144 not found. |
Date Deposited: | 10 Jan 2018 01:20 |
Last Modified: | 01 Jul 2024 03:21 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6908 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |