PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KERJA KERAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI PEMECAHAN MASALAH GEOMETRI DI KELAS V SD NEGERI 2 TUMIYANG

NURKUSMARTINI, Rr AHADIYAH (2014) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KERJA KERAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI PEMECAHAN MASALAH GEOMETRI DI KELAS V SD NEGERI 2 TUMIYANG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (683kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (787kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (805kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (617kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (621kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapakan model problem based learning untuk meningkatkan kerja keras dan prestasi belajar matematika materi pemecahan masalah di Kelas V SD Negeri 2 Tumiyang tahun Ajaran 2013/2014. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah 14 siswa yaitu yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan dengan alokasi waktu setiap pertemuan 2x35 menit. Tekhnik pengumpulan data menggunakan dua tekhik yaitu tekhnik tes dan tekhnik non tes. Untuk mengukur kemampuan siswa dalam menguasai mate ri belajar yang telah diajarkan menggunakan soal evaluasi pada setiap akhir siklus sedangkan untuk mengukur sikap kerja keras siswa menggunakan angket pernyataan yang diberikan setiap akhir siklus. Setiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian pada pembelajaran menunjukan bahwa dengan penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan Prestasi Belajar siswa dan sikap Kerja Keras. Pada siklus I prestasi belajar siswa memperoleh kriteria baik yaitu dengan nilai rata-rata sebesar 65 dengan tingkat ketuntasan 71% dan siklus II meningkat menjadi 86,8 dengan tingkat ketuntasan 92% dengan kriteria sangat baik. Untuk sikap Kerja Keras siswa pada siklus I memperoleh persentase sebesar 59,6% sedangkan pada siklus II menjadi 82,5%. Dari hasil penelitian ini dapat peneliti simpulkan bahwa penggunaan model problem based learning dapat meningkatkan prestasi kerja keras dan prestasi belajar siswa pada matematika materi geometri pemecahan masalah.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sony Irianto M.Pd dan Cicih Wiarsih M.Pd
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning , Pemecahan Masalah Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 10 Jan 2018 00:46
Last Modified: 10 Jan 2018 00:46
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/6905

Actions (login required)

View Item View Item