ANUGRAHENI, SEPTIANA (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TEKNIK TERATAI SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 1 KARANG JAMBU PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2013-2014. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
Septiana Anugraheni_JUDUL.pdf Download (787kB) | Preview |
Preview |
Text
Septiana Anugraheni_BAB I.pdf Download (598kB) | Preview |
Preview |
Text
Septiana Anugraheni_BAB II.pdf Download (693kB) | Preview |
![]() |
Text
Septiana Anugraheni_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (793kB) |
![]() |
Text
Septiana Anugraheni_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (901kB) |
![]() |
Text
Septiana Anugraheni_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (603kB) |
Preview |
Text
Septiana Anugraheni_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (605kB) | Preview |
![]() |
Text
Septiana Anugraheni_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi dengan Pendekatan Kontekstual Teknik Teratai Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 1 Karang Jambu, Purbalingga Tahun Pelajaran 2013-2014. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan menulis puisi dengan pendekatan kontekstual teknik Teratai.
Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Karang Jambu Purbalingga Tahun Pelajaran 2013-2014. Variabel dalam penelitian ini adalah kemampuan menulis puisi dan pendekatan kontekstual teknik Teratai. Pengumpulan data pada tahap siklus I dan siklus II menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah mengikuti pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan pendekatan kontekstual teknik Teratai, rata-rata klasikal siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Karang Jambu Purbalingga dari nilai siklus I sampai siklus II mengalami peningktan sebesar 34.38%. Pada siklus I nilai rata-rata klasikan menulis puisi sebesar 70.22 sedangkan siklus II nilai rata-rata klasikan menulis puisi sebesar 74.22. peningkatan kemampuan menulis puisi ini juga diikuti dengan perubahan perilaku guru dan siswa, aktivitas guru dari siklus I mencapai 75% dengan kriteria baik meningkat pada siklus II 96.88% dengan kriteria sangat baik. Begitupun aktivitas siswa dari siklus I mencapai 63.28% dengan kriteria baik, meningkat pada siklus II mencapai 85.03% dengan kriteria sangat baik.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Dra. Siti Fathonah, M.Hum. dan Dra. Isnaeni Praptanti, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Puisi, Pendekatan Kontekstual, Teknik Teratai |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia S1 |
Depositing User: | Bandriyah . |
Date Deposited: | 09 Jan 2018 02:04 |
Last Modified: | 09 Jan 2018 02:04 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6847 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |