UPAYA MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI MASALAH-MASALAH SOSIAL DI LINGKUNGAN SETEMPAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DI KELAS IV SD NEGERI KALIKEMBANG

PRASETYO, GIRAS ARIEF (2013) UPAYA MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI MASALAH-MASALAH SOSIAL DI LINGKUNGAN SETEMPAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DI KELAS IV SD NEGERI KALIKEMBANG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (541kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (594kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (782kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (533kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (532kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap rasa ingin tahu dan prestasi belajar IPS siswa materi masalah-masalah sosial di lingkungan setempat melalui model pembelajaran Group Investigation. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Kalikembang yang berjumlah 19 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dan pada setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Tahapan kegiatan setiap siklus terdiri atas perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (action), observasi (observing) dan refleksi (reflecting). Untuk memperoleh data sikap rasa ingin tahu dalam belajar siswa yaitu dengan menggunakan lembar skala sikap rasa ingin tahu, sedangkan untuk memperoleh data prestasi belajar dalam penelitian ini menggunakan lembar evaluasi yang diberikan pada setiap akhir pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian, sikap rasa ingin tahu siswa dalam belajar pada siklus I diperoleh rata-rata 54,8 sedangkan untuk prestasi belajarnya diperoleh prestasi ketuntasan belajar sebesar 63,15%. Kemudian hasil penelitian sikap rasa ingin tahu siswa dalam belajar siswa pada siklus II diperoleh rata-rata 70,9 sedangkan untuk prestasi belajarnya diperoleh prestasi ketuntasan belajar sebesar 94,73%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan sikap rasa ingin tahu dan prestasi belajar IPS materi masalah-masalah di lingkungan setempat bagi siswa kelas IV SD Negeri Kalikembang.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo. MM. M. Pd dan Drs. Sri Harmianto, M. Pd.,
Uncontrolled Keywords: Rasa ingin tahu, prestasi belajar, IPS, group investigatiaon
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 04 Jan 2018 02:09
Last Modified: 04 Jan 2018 02:09
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/6742

Actions (login required)

View Item View Item