PRASETYO, GIRAS ARIEF (2013) UPAYA MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI MASALAH-MASALAH SOSIAL DI LINGKUNGAN SETEMPAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DI KELAS IV SD NEGERI KALIKEMBANG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (541kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (594kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (782kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (533kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (532kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (30MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap rasa ingin tahu dan prestasi belajar IPS siswa materi masalah-masalah sosial di lingkungan setempat melalui model pembelajaran Group Investigation. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Kalikembang yang berjumlah 19 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dan pada setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Tahapan kegiatan setiap siklus terdiri atas perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (action), observasi (observing) dan refleksi (reflecting). Untuk memperoleh data sikap rasa ingin tahu dalam belajar siswa yaitu dengan menggunakan lembar skala sikap rasa ingin tahu, sedangkan untuk memperoleh data prestasi belajar dalam penelitian ini menggunakan lembar evaluasi yang diberikan pada setiap akhir pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian, sikap rasa ingin tahu siswa dalam belajar pada siklus I diperoleh rata-rata 54,8 sedangkan untuk prestasi belajarnya diperoleh prestasi ketuntasan belajar sebesar 63,15%. Kemudian hasil penelitian sikap rasa ingin tahu siswa dalam belajar siswa pada siklus II diperoleh rata-rata 70,9 sedangkan untuk prestasi belajarnya diperoleh prestasi ketuntasan belajar sebesar 94,73%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan sikap rasa ingin tahu dan prestasi belajar IPS materi masalah-masalah di lingkungan setempat bagi siswa kelas IV SD Negeri Kalikembang.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Pamujo. MM. M. Pd dan Drs. Sri Harmianto, M. Pd., |
Uncontrolled Keywords: | Rasa ingin tahu, prestasi belajar, IPS, group investigatiaon |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | eko wahyudi |
Date Deposited: | 04 Jan 2018 02:09 |
Last Modified: | 04 Jan 2018 02:09 |
URI: | https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/6742 |
Actions (login required)
View Item |