UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V MELALUI METODE ROLE PLAYING DI SD NEGERI 1 RANCAMAYA

PUTRI, DWI RISTIYANI (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V MELALUI METODE ROLE PLAYING DI SD NEGERI 1 RANCAMAYA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
DWI RISTIYANI PUTRI COVER.pdf

Download (831kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DWI RISTIYANI PUTRI BAB I.pdf

Download (669kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DWI RISTIYANI PUTRI BAB II.pdf

Download (764kB) | Preview
[img] Text
DWI RISTIYANI PUTRI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (768kB)
[img] Text
DWI RISTIYANI PUTRI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (921kB)
[img] Text
DWI RISTIYANI PUTRI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (602kB)
[img]
Preview
Text
DWI RISTIYANI PUTRI DAFTYAR PUSTAKA.pdf

Download (657kB) | Preview
[img] Text
DWI RISTIYANI PUTRI DAFTYAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (657kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V di SD Negeri 1 Rancamaya. Rendahnya hasil belajar siswa, dibuktikan dari hasil observasi awal menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran pada saat kegiatan belajar mengajar di kelas kurang tepat. Berdasarkan hasil pengamatan sikap siswa selama mengikuti kegiatan belajar mengajar di kelas didapatkan masalah yaitu siswa kurang memperhatikan guru ketika memberikan penjelesan, siswa kurang bisa menghargai temannya, dan siswa memilih-milih teman pada saat berinteraksi. Siswa kurang menunjukkan keterampilannya, seperti keterampilan berkomunikasi dan berinetraksi antara guru dengan siswa dan antara siswa dengan siswa. Siswa hanya duduk dan menulis, kurangnya keterlibatan siswa secara aktif, baik fisik mental intelektual, dan emosional menyebabkan hasil belajar siswa pada ranah psikomotor masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar siswa pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotor dalam pembelajaran IPS kelas V melalui metode role playing. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V di SD Negeri 1 Rancamaya, berjumlah 21 siswa, yang terdiri dari 14 siswa perempuan, dan 7 siswa laki-laki. Dilakukan melalui dua siklus. Instrument yang digunakan terdiri dari soal evaluasi, lembar penilaian ranah afektif, lembar penilaian ranah psikomotor, lembar observasi aktivitas guru, dan lembar observasi aktivitas siswa. Indikator keberhasilan penelitian ini apabila persentase ketuntasan hasil belajar kognitif mencapai > 85% dan rata-rata hasil belajar afektif dan psikomotor mencapai 3,25 dengan kriteria sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan metode role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar pada ranah kognitif siswa, diperoleh rata-rata nilai hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh 69,44 dengan persentase ketuntasan belajar siswa 61,11%. Setelah diadakan perbaikan pada siklus II, hasil belajar siswa memperoleh rata-rata 94,76 dengan persentase ketuntasan 90,47%. Rata-rata ketuntasan ranah afektif siswa pada siklus I memperoleh 2,63 dengan kriteria baik mengalami peningkatan pada siklus II mencapai 3,57 kriteria sangat baik. Rata-rata ketuntasan ranah psikomotor siswa pada siklus I memperoleh ketuntasan 2,76 kriteria baik, dan meningkat pada siklus II mencapai 3,56 kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil observasi aktivitas guru mengalami peningkatkan, pada siklus I memperoleh rata-rata 2,83 kriteria baik, pada siklus II memperoleh 3,58 kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh ketuntasan 3,83 kriteria baik, pada siklus II meningkat mencapai 4,47 kriteria sangat baik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Supriatna, M.Pd dan Dr. Ana Andriani, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, IPS, Role Playing
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 03 Jan 2018 05:49
Last Modified: 03 Jan 2018 05:49
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/6702

Actions (login required)

View Item View Item