UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR DAN SEMANGAT KEBANGSAAN PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI PERJUANGAN BANGSA INDONESIA MELAWAN PENJAJAH MENGGUNAKAN TEKNIK VCT YURISPRUDENSI DENGAN MEDIA VIDEO DI KELAS V SD NEGERI 2 KARANGLEWAS LOR

NOVITASARI, DIAN (2016) UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR DAN SEMANGAT KEBANGSAAN PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI PERJUANGAN BANGSA INDONESIA MELAWAN PENJAJAH MENGGUNAKAN TEKNIK VCT YURISPRUDENSI DENGAN MEDIA VIDEO DI KELAS V SD NEGERI 2 KARANGLEWAS LOR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
DIAN NOVITASARI COVER.pdf

Download (857kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DIAN NOVITASARI BAB I.pdf

Download (671kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DIAN NOVITASARI BAB II.pdf

Download (764kB) | Preview
[img] Text
DIAN NOVITASARI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (789kB)
[img] Text
DIAN NOVITASARI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
DIAN NOVITASARI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (650kB)
[img]
Preview
Text
DIAN NOVITASARI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (606kB) | Preview
[img] Text
DIAN NOVITASARI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini tentang peningkatan prestasi belajar dan semangat kebangsaan pada mata pelajaran IPS materi perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah menggunakan teknik VCT Yurisprudensi dengan media video di kelas V SD Negeri 2 Karanglewas Lor, dan penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Januari sampai bulan Februari 2016 melalui 2 (dua) siklus yang setiap siklus terdiri dari 2 (dua) pertemuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar dan semangat kebangsaan pada mata pelajaran IPS materi perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah menggunakan teknik VCT Yurisprudensi dengan media video di kelas V SD Negeri 2 Karanglewas Lor. Pembelajaran dengan teknik VCT Yurisprudensi merupakan pembelajaran yang di dalamnya terdapat proses adu argumentasi dan fase penggoyahan pendirian siswa, baik oleh guru maupun siswa lain, dengan media yang digunakan berupa video untuk memberikan gambaran pada siswa tentang peristiwa sejarah masa lampau yang dialami oleh bangsa Indonesia. Penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen tes yaitu dengan soal evaluasi dan non tes berupa lembar observasi aktivitas guru dan siswa, skala sikap semangat kebangsaan siswa, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah adanya peningkatan prestasi belajar dan semangat kebangsaan siswa kelas V SD Negeri 2 Karanglewas Lor pada mata pelajaran IPS materi perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah. Hasil pada tes evaluasi siklus I diperoleh rata-rata 50,25 dengan ketuntasan belajar 20,69 % dan hasil tes evaluasi siklus II diperoleh rata-rata 84,65 dengan ketuntasan belajar 86,2 %. Hasil skala sikap semangat kebangsaan siklus I diperoleh skor rata-rata yaitu 57,96 dan siklus II skor rata-ratanya menjadi 60,83, terlihat adanya peningkatan hasil skala sikap semangat kebangsaan siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pembelajaran menggunakan teknik VCT Yurisprudensi dengan media video dapat meningkatkan prestasi belajar dan semangat kebangsaan siswa pada mata pelajaran IPS materi perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah di kelas V SD Negeri 2 Karanglewas Lor Kecamatan Purwokerto Barat Kabupaten Banyumas.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Sri Harmianto, M.Pd. dan Lia Mareza, M.A.
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Semangat Kebangsaan, Teknik VCT Yurisprudensi Menggunakan Media Video
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Dan Kh
Date Deposited: 03 Jan 2018 04:27
Last Modified: 03 Jan 2018 04:27
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/6699

Actions (login required)

View Item View Item