PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR KARTUN DI KELAS V MI MUHAMMADIYAH KRAMAT

ANGGASARI, TRIAS (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR KARTUN DI KELAS V MI MUHAMMADIYAH KRAMAT. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Trias Anggasari_JUDUL.pdf

Download (690kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Trias Anggasari_BAB I.pdf

Download (595kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Trias Anggasari_BAB II.pdf

Download (615kB) | Preview
[img] Text
Trias Anggasari_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (694kB)
[img] Text
Trias Anggasari_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (815kB)
[img] Text
Trias Anggasari_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB)
[img]
Preview
Text
Trias Anggasari_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (529kB) | Preview
[img] Text
Trias Anggasari_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian tentang peningkatkan kemampuan menulis karangan narasi melalui penggunaan media gambar kartun telah dilaksanakan di kelas V MI Muhammadiyah Kramat pada bulan November 2012 pada 13 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas V MIM Kramat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas Model Kemmis dan M.C. Taggart dengan tahapan yang dilalui yaitu tahap perencaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan melalui II siklus. Media yang digunakan yaitu Media Gambar Kartun. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dua cara yaitu melalui teknik tes dan teknik non tes yang terdiri dari observasi, dokumentasi, serta wawancara siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian diperoleh dari data kuantitatif berupa data hasil belajar siswa dan data kualitatif dari hasil observasi terhadap guru dan siswa. Hasil penelitian untuk hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai rat-rata yaitu 70,02 dengan taraf ketuntasan 54,54% meningkat siklus II, dengan perolehan hasil yaitu nilai rata-rata kelas mencapai angka 79,26 dengan taraf ketuntasan mencapai 90,90%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pembelajaran melalui penggunaan media gambar kartun dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas V MI Muhammadiyah Kramat Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Enuh Zainuddin, M.A. dan Drs. Edy Sukmana, M.Ed.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Menulis Karangan Narasi, Media Gambar Kartun
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 03 Jan 2018 01:37
Last Modified: 03 Jan 2018 01:37
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/6662

Actions (login required)

View Item View Item