WAHYUNINGSIH, TRIAS (2016) MENINGKATKAN CINTA TANAH AIR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DRAMA DI SD NEGERI 2 CILONGOK. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
|
Text
TRIAS WAHYUNINGSIH COVER.pdf Download (924kB) | Preview |
|
|
Text
TRIAS WAHYUNINGSIH BAB I.pdf Download (524kB) | Preview |
|
|
Text
TRIAS WAHYUNINGSIH BAB II.pdf Download (600kB) | Preview |
|
![]() |
Text
TRIAS WAHYUNINGSIH BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
TRIAS WAHYUNINGSIH BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (832kB) |
|
![]() |
Text
TRIAS WAHYUNINGSIH BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (513kB) |
|
|
Text
TRIAS WAHYUNINGSIH DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (516kB) | Preview |
|
![]() |
Text
TRIAS WAHYUNINGSIH LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilatar belakangi oleh prestasi belajar dan sikap cinta tanah air siswa SD Negeri 2 Cilongok dalam pembelajaran IPS kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan cinta tanah air dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan di SD Negeri 2 Cilongok. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Cilongok yang berjumlah 35 siswa, terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Pengambilan data menggunakan tes, observasi. Hasil penelitian membuktikan bahwa model pembelajaran drama dapat meningkatkan cinta tanah air dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS, yaitu sikap cinta tanah air siswa mengalami peningkatan dari 2,22 kategori rendah pada siklus I menjadi 3,15 kategori sedang pada siklus II, dan peningkatan prestasi belajar dari 25 siswa yang tuntas pada siklus I meningkat menjadi 29 siswa yang tuntas di siklus II. Terjadi peningkatan sebanyak 4 siswa, atau mengalami peningkatan dari 71,42% pada siklus I menjadi 82,85% pada siklus II, atau terjadi peningkatan sebersar 11,43% dari siklus I ke siklus II. Indikator keberhasilan prestasi belajar yaitu 80%. Penggunaan model pembelajaran drama untuk meningkatkan cinta tanah air dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan di SD Negeri 2 Cilongok.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Pamujo, M.M., M.Pd. dan Lia Mareza, M.A. |
Uncontrolled Keywords: | Cinta Tanah Air, Model pembelajaran drama, dan Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Dan Kh |
Date Deposited: | 29 Dec 2017 04:45 |
Last Modified: | 29 Dec 2017 04:45 |
URI: | https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/6572 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |