ANGGOROWATI, RATIH HAYU (2016) PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI PESAWAT SEDERHANA MELALUI PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 7E DI KELAS V SD MUHAMMADIYAH CIPETE. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of RATIH HAYU ANGGOROWATI COVER.pdf]
Preview
Text
RATIH HAYU ANGGOROWATI COVER.pdf

Download (479kB) | Preview
[thumbnail of RATIH HAYU ANGGOROWATI BAB I.pdf]
Preview
Text
RATIH HAYU ANGGOROWATI BAB I.pdf

Download (524kB) | Preview
[thumbnail of RATIH HAYU ANGGOROWATI BAB II.pdf]
Preview
Text
RATIH HAYU ANGGOROWATI BAB II.pdf

Download (619kB) | Preview
[thumbnail of RATIH HAYU ANGGOROWATI BAB III.pdf] Text
RATIH HAYU ANGGOROWATI BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (620kB)
[thumbnail of RATIH HAYU ANGGOROWATI BAB IV.pdf] Text
RATIH HAYU ANGGOROWATI BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of RATIH HAYU ANGGOROWATI BAB V.pdf] Text
RATIH HAYU ANGGOROWATI BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB)
[thumbnail of RATIH HAYU ANGGOROWATI DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
RATIH HAYU ANGGOROWATI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (516kB) | Preview
[thumbnail of RATIH HAYU ANGGOROWATI LAMPIRAN.pdf] Text
RATIH HAYU ANGGOROWATI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk
meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar IPA materi pesawat sederhana
di kelas V SD Muhammadiyah Cipete. Subyek penelitian adalah siswa kelas V
SD Muhammadiyah Cipete dengan jumlah siswa 32. Penelitian ini terdiri dari dua
siklus dimana setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklusnya meliputi
kegiatan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data
diperoleh dari lembar skala sikap rasa ingin tahu, lembar tes evaluasi, lembar
aktivitas guru, dan lembar aktivitas siswa. Berdasarkan hasil penelitian tindakan
kelas diperoleh hasil bahwa penerapan model pembelajaran learning cycle 7e
dapat meningkatkan rasa ingin tahu siswa pada mata pelajaran IPA materi pesawat
sederhana di SD Muhammadiyah Cipete. Berdasarkan hasil penelitian rata-rata
skor rasa ingin tahu siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II,
siklus I 2,14 dengan kriteria cukup dan siklus II 3,27 dengan kriteria sangat baik.
Hasil prestasi belajar siswa siklus I diperoleh nilai rata-rata 74,37 dengan
ketuntasan belajar 62,50% dan siklus II telah mencapai indikator keberhasilan
dengan rata-rata 81,09 dan ketuntasan belajar 87,50%. Berdasarkan hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran learning cycle 7e dapat
meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar IPA materi pesawat sederhana
siswa kelas V SD Muhammadiyah Cipete.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sri Harmianto, M.Pd dan Dhi Bramasta, S.Si., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Rasa Ingin Tahu, Prestasi Belajar, IPA, Model Pembelajaran Learning Cycle 7E
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Dan Kh
Date Deposited: 29 Dec 2017 03:46
Last Modified: 31 May 2024 07:08
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6563

Actions (login required)

View Item View Item