UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI METODE COURSE REVIEW HORAY MENGGUNAKAN MEDIA POP UP DI KELAS V SD N KARANGKEMIRI

RISTI, OVIBELLA (2016) UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI METODE COURSE REVIEW HORAY MENGGUNAKAN MEDIA POP UP DI KELAS V SD N KARANGKEMIRI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
OVIBELLA RISTI COVER.pdf

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text
OVIBELLA RISTI BAB I.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
OVIBELLA RISTI BAB II.pdf

Download (370kB) | Preview
[img] Text
OVIBELLA RISTI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB)
[img] Text
OVIBELLA RISTI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (625kB)
[img] Text
OVIBELLA RISTI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img]
Preview
Text
OVIBELLA RISTI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (146kB) | Preview
[img] Text
OVIBELLA RISTI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Latar belakang penelitian adalah untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi sistem proklamasi kemerdekaan Indonesia melalui metode Course Review Horay menggunakan media Pop Up. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus setiap siklus terdapat 2 pertemuan. Prosedur pelaksanaan setiap tindakan meliputi perencanan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas 5 A SD Negeri Karangkemiri, Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas dengan jumlah siswa 26 siswa yang terdiri dari, 14 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Instrumen penilaian yang digunakan untuk mengukur prestasi belajar siswa menggunakan soal evaluasi, untuk mengukur peningkatan minat belajar siswa menggunakan angket minat. Hasil penelitian yang diperoleh aspek afektif minat belajar siswa diperoleh jumlah skor total pada siklus I adalah 69,6 yang termasuk kriteria cukup minat belajarnya, dan pada siklus II adalah 81,08 yang termasuk kriteria baik minat belajarnya. Berdasarkan hasil penelitian aspek kognitif diperoleh presentase keberhasilan prestasi siswa siklus 1 pertemuan I sebesar 47,61 %, siklus I pertemuan II sebesar 65%, siklus II pertemuan I sebesar 73,91% dan pada siklus II pertemuan II sebesar 88 %. Dengan demikian disimpulkan bahwa metode Course Review Horay dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi proklamasi kemerdekaan Indonesia kelas 5 A di SD Negeri Karangkemiri.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Supriatna.M.Pd dan Dr. Ana Andriani.M.Pd
Uncontrolled Keywords: minat, Prestasi belajar, Course review Horay, Pop Up
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 29 Dec 2017 03:42
Last Modified: 29 Dec 2017 03:42
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/6562

Actions (login required)

View Item View Item