ANGGRAINI, DWI PUSPITA (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLASH PADA MATERI TEMA MAKANANKU SEHAT DAN BERGIZI SUB TEMA MAKANANKU SEHAT DAN BERGIZI PEMBELAJARAN KE-2 DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
|
Text
COVER_DWI PUSPITA ANGGRAINI_PGSD'15.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I_DWI PUSPITA ANGGRAINI_PGSD'15.pdf Download (659kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II_DWI PUSPITA ANGGRAINI_PGSD'15.pdf Download (718kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB III_DWI PUSPITA ANGGRAINI_PGSD'15.pdf Restricted to Registered users only Download (782kB) |
|
![]() |
Text
BAB IV_DWI PUSPITA ANGGRAINI_PGSD'15.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
BAB V_DWI PUSPITA ANGGRAINI_PGSD'15.pdf Restricted to Registered users only Download (646kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_DWI PUSPITA ANGGRAINI_PGSD'15.pdf Download (646kB) | Preview |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN_DWI PUSPITA ANGGRAINI_PGSD'15.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan dengan desain penelitian kualitatif dan kuantitatif yang bertujuan untuk : 1) mengetahui penggunaan media pembelajaran pada materi tema makananku sehat dan bergizi sub tema makananku sehat dan bergizi pembelajaran ke-2 di kelas IV SD Negeri 1 Kembaran Kulon; 2) mengetahui pengembangan media pembelajaran berbasis flash pada materi tema makananku sehat dan bergizi sub tema makananku sehat dan bergizi pembelajaran ke-2 di kelas IV Sekolah Dasar; 3) mengetahui keefektifan penggunaan media pembelajaran berbasis flash pada materi tema makananku sehat dan bergizi sub tema makananku sehat dan bergizi pembelajaran ke-2 terhadap prestasi belajar siswa di kelas IV Sekolah Dasar; 4) mengetahui penilaian guru terhadap pengembangan media pembelajaran berbasis flash pada materi tema makananku sehat dan bergizi sub tema makananku sehat dan bergizi pembelajaran ke-2 di kelas IV Sekolah Dasar; 5) mengetahui respon siswa terhadap pengembangan media pembelajaran berbasis flash pada materi tema makananku sehat dan bergizi sub tema makananku sehat dan bergizi pembelajaran ke-2 di kelas IV Sekolah Dasar. Hasil observasi membutuhkan adanya pengembangan media pembelajaran untuk mengoptimalkan fasilitas LCD proyektor serta untuk menambah media pembelajaran pada kurikulum 2013. Proses pengembangan menggunakan model dari Susilana yang terdiri dari 9 tahap yaitu tahap Identifikasi kebutuhan dan karakteristik siswa, Perumusan tujuan, Perumusan materi, Perumusan alat penggukur keberhasilan, GBPM, Perencanaan Pembuatan Media, Tes/uji coba, Revisi, dan Media siap diproduksi. Media pembelajaran telah divalidasi oleh pakar dan mendapatkan kriteria “valid dan tanpa revisi” dari pakar media (77,5%), serta kriteria “sangat valid dan tanpa revisi” dari pakar materi (94%).Uji coba dilakukan menggunakan desain eksperimen Pretest-Postest Design dengan kesimpulan uji hipotesis bahwa Uhitung< Utabel = 82,5 < 114 maka Ho ditolak sehingga terdapat kefektifan media pembelajaran berbasis flash pada materi tema makananku sehat dan bergizi sub tema makananku sehat dan bergizi pembelajaran ke-2 terhadap prestasi belajar siswa di kelas IV Sekolah Dasar. Hasil penilaian guru terhadap penggunaan media pembelajaran berbasis flash dalam pembelajaran memperoleh persentase 78% dengan kriteria “baik”. Hasil respon siswa diperoleh skor rata-rata total sebesar 4,3 dengan kriteria “sangat baik”.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: 4. Drs. Sony Irianto, M.Pd., dan Yudha Febrianta, M.Or. |
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Adobe Flash, Tematik, Kurikulum 2013 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Iin Hayuningtyas |
Date Deposited: | 07 Feb 2017 03:33 |
Last Modified: | 04 Jun 2024 01:46 |
URI: | https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/650 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |