UPAYA MENINGKATKAN SIKAP RASA INGIN TAHU DAN KEMAMPUAN MENULIS LAPORAN PADA SISWA KELAS V MENGGUNAKAN TEKNIK ASDAMBA DI SD N 4 MERSI

WIJAYANTI, TA’DYA ULFA (2013) UPAYA MENINGKATKAN SIKAP RASA INGIN TAHU DAN KEMAMPUAN MENULIS LAPORAN PADA SISWA KELAS V MENGGUNAKAN TEKNIK ASDAMBA DI SD N 4 MERSI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
TA’DYA ULFA WIJAYANTI COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
TA’DYA ULFA WIJAYANTI BAB I.pdf

Download (606kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TA’DYA ULFA WIJAYANTI BAB II.pdf

Download (734kB) | Preview
[img] Text
TA’DYA ULFA WIJAYANTI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (783kB)
[img] Text
TA’DYA ULFA WIJAYANTI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
TA’DYA ULFA WIJAYANTI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (599kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap rasa ingin tahu dan kemampuan menulis siswa pada materi menulis laporan menggunakan teknik ASDAMBA. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD N 4 Mersi dengan jumlah siswa 37, yang terdiri dari 22 siswa perempuan dan 17 siswa laki-laki. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus yang dilaksanakan empat kali pertemuan dengan pokok bahasan yang sama, setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil belajar berupa prestasi belajar siswa yang diperoleh dari tes evaluasi tiap akhir pertemuan, hasil belajar afektif diperoleh dari lembar skala sikap rasa ingin tahu siswa yang dibagikan disetiap akhir siklus. Pada siklus I sikap rasa ingin tahu siswa diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar2,27dengan criteria cukup sedangkan pada siklus II, sikap rasa ingn tahu siswa diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 2,28 dengan kriteria cukup. Pada siklus I kemampuan menulis laporan siswa diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 69,05 dengan ketuntasan belajar yang dicapai63,52% Sedangkan pada siklus II, kemampuan menulis laporan siswa diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 73,85 dengan ketuntasan belajar mencapai 72,97% dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan teknik ASDAMBA dapat meningkatkan sikap rasa ingin tahu dan kemampuan menulis laporan siswa kelas V SDN 4 Mersi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Enuh Zaenudin, M.A dan Santhy Hawanti, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Rasa InginTahu,Kemampuan Menulis Laporan, Bahasa Indonesia, Teknik ASDAMBA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Dan Kh
Date Deposited: 27 Dec 2017 04:45
Last Modified: 27 Dec 2017 04:45
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/6492

Actions (login required)

View Item View Item