UPAYA MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENGUKURAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI KELAS IV SD NEGERI 4 ARCAWINANGUN

INDAH, SINGGIH PUSPA (2013) UPAYA MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENGUKURAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI KELAS IV SD NEGERI 4 ARCAWINANGUN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
SINGGOH PUSPA COVER.pdf

Download (760kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SINGGIH PUSPA BAB I.pdf

Download (657kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SINGGIH PUSPA BAB II.pdf

Download (682kB) | Preview
[img] Text
SINGGIH PUSPA BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (833kB)
[img] Text
SINGGIH PUSPA BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
SINGGIH PUSPA BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (606kB)
[img]
Preview
Text
SINGGIH PUSPA DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (609kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 4 Arcawinangun. Tujuan penelitian: meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar Matematika materi pengukuran melalui model Pembelajaran Berbasis Masalah. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 4 Arcawinangun dengan jumlah 31 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri 2 kali pertemuan, tiap pertemuan selama 3 jam pelajaran. Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi guru dan siswa. Untuk data hasil rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa diperoleh dari hasil tes evaluasi dan angket di setiap akhir siklus. Adapun hasil pada siklus I menghasilkan data untuk rasa ingin tahu dan prestasi belajar sebagai berikut: Rasa ingin tahu siswa rata-ratanya sebesar 44,49. Sedangkan untuk ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 61,29% menghasilkan rata-rata 66,93. Hasil pada siklus II menghasilkan data untuk rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa sebagai berikut: Rasa ingin tahu siswa rata-ratanya 48,15. Sedangkan untuk ketuntasan belajar pada siklus II sebesar 87,09 % menghasilkan rata-rata 80,32. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar Matematika siswa kelas IV SD Negeri 4 Arcawinangun

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sony Irianto, M.Pd dan Drs. Enuh Zainuddin, M.A
Uncontrolled Keywords: rasa ingin tahu; prestasi belajar; matematika; pembelajaran berbasis masalah;
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 27 Dec 2017 01:37
Last Modified: 27 Dec 2017 01:37
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/6459

Actions (login required)

View Item View Item