AMIASIH, NUR (2016) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDEN T TEAMS ACHIEVEMEN T DIVISION S DI KELAS VA SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
COVER.pdf Download (948kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (696kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II.pdf Download (746kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (854kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (612kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (670kB) | Preview |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya prestasi belajar siswa
pada pembelajaran IPS di SD Negeri 3 Tiparkidul. pembelajaran IPS yang
dilaksanakan di SD masih kurang diminati oleh siswa. Minat membaca siswa
masih kurang, padahal pembelajaran IPS mewajibkan siswanya untuk membaca,
selain itu siswa kurang aktif saat proses pembelajaran dilaksanakan di dalam
kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa mata
pelajaran IPS materi proklamasi kemerdekaan Indonesia melalui model
pembelajaran kooperatif tipe STAD. Subjek penelitian adalah siswa kelas VA SD
Negeri 3 Tiparkidul dengan jumlah siswa 28 yang terdiri dari 17 siswa laki-laki
dan 11 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas
yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan,
dimana 1 pertemuan terdiri dari 3 jam pelajaran. Prosedur pelaksanaan tiap siklus
meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.
Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi guru dan siswa. Untuk data
prestasi belajar siswa diperoleh dari tes evaluasi yang dilaksanakan setiap akhir
siklus. Berdasarkan hasil penelitian, hasil prestasi belajar siswa diperoleh nilai
rata-rata siklus I sebesar 59,82 dengan ketuntasan belajar 71,42%, dan siklus II
diperoleh rata-rata nilai 73,96 dengan ketuntasan belajar 89,28%. Dengan
demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD
dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VA SD Negeri 3 Tiparkidul.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Pamujo. MM., M. Pd., dan Okto Wijayanti, S. Pd., M. A., |
Uncontrolled Keywords: | Prestasi belajar, IPS, pembelajaran kooperatif tipe STAD |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Users 144 not found. |
Date Deposited: | 26 Dec 2017 02:00 |
Last Modified: | 22 May 2024 03:54 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6421 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |