PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMEN (TGT) PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS VII B SMP MUHAMMADIYAH RAWALO

SANI, ANNISA HADIYATI MAULIDYA (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMEN (TGT) PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS VII B SMP MUHAMMADIYAH RAWALO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Annisa Hadiyati Maulidya Sani_JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Annisa Hadiyati Maulidya Sani_BAB I.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Annisa Hadiyati Maulidya Sani_BAB II.pdf

Download (375kB) | Preview
[img] Text
Annisa Hadiyati Maulidya Sani_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img] Text
Annisa Hadiyati Maulidya Sani_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB)
[img] Text
Annisa Hadiyati Maulidya Sani_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[img]
Preview
Text
Annisa Hadiyati Maulidya Sani_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB) | Preview
[img] Text
Annisa Hadiyati Maulidya Sani_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam mata pelajaran IPS Terpadu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT). Subyek penelitian adalah siswa kelas VII B SMP Muhammadiyah Rawalo dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus, yang tiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Prosedur penelitian tindakan kelas ini meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, obervasi dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi selama kegiatan pembelajaran. Lembar observasi yang digunakan antara lain berupa aktifitas guru selama mengajar dan aktifitas siswa seperti bertanya, menjawab, berpendapat serta mencatat materi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu adanya peningkatan keaktifan siswa. Pada siklus I keaktifan siswa mencapai 34,08 %, di siklus II mengalami peningkatan 12,5 % menjadi 46, 58%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sigid Sriwanto, M.Si. dan Drs. Sutomo, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Keaktifan, IPS Terpadu, Teams Games Tournament
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi S1
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 23 Dec 2017 01:31
Last Modified: 23 Dec 2017 01:32
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/6372

Actions (login required)

View Item View Item