ARI WAHYUNI (2012) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BE RARGUMENTASI SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) DI KELAS VII B SMP MUHAMMADIYAH SOKARAJA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
ARI WAHYUNI - COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
ARI WAHYUNI - BAB I.pdf Download (533kB) | Preview |
Preview |
Text
ARI WAHYUNI - BAB II.pdf Download (617kB) | Preview |
![]() |
Text
ARI WAHYUNI - BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (594kB) |
![]() |
Text
ARI WAHYUNI - BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
ARI WAHYUNI - BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (522kB) |
Preview |
Text
ARI WAHYUNI - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (527kB) | Preview |
Abstract
Penelitian tentang peningkatan kemampuan berargumentasi siswa melalui
mod
el pembelajaran berbasis masalah
(Problem Based Learning)
dilaksanakan
pada siswa kelas VII B SMP Muhammadiyah Sokaraja pada semester genap tahun
ajaran 2011-2012. Penelitian tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan
berargumentasi siswa menggunakan model pembelajaran berbasis masalah
(Problem Based Learning)
. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas
(PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus, tiap siklusnya terdiri atas perencanaan
(
planning
), tindakan
(acting
), pengamatan (
observing
) dan refleksi (
reflecting
).
Hasil penelitian berupa hasil observasi kemampuan berargumentasi siswa dan
hasil belajar siswa. Hasil kemampuan berargumentasi siswa ditunjukan dari
indikator aktivitas kemampuan berargumentasi yaitu kemampuan bertanya siswa
yang diamati pada siklus I, II dan III berturut-turut adalah 15%, 51%, 73%,
kemampuan menjawab pertanyaan berturut-turut 21%, 54%, 90%, kemampuan
menyampaikan pendapat berturut-turut 19%, 46%, 79%, kemampuan
menyanggah pendapat berturut-turut 18%, 50%, 75%, kemampuan menjelaskan
berturut-turut 15%, 48%, 74%, dan kemampuan mempresentasikan berturut-turut
18%, 51%, 80%. Meningkatnya kemampuan berargumentasi berdampak pada
meningkatnya hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa ditunjukan dari nilai rata-
rata posttest siswa. Nilai rata-rata posttest siklus I sebesar 49,56 dengan
ketuntasan kelas 12%, Siklus II rata-rata 70,97 dengan ketuntasan 56% dan Siklus
III rata-rata 83,09 dengan ketuntasan 100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah
(Problem Based
learning)
dapat meningkatkan kemampuan berargumentasi siswa pada mata
pelajaran IPA materi biologi siswa kelas VII B SMP Muhammadiyah Sokaraja.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | 1. eguh Julianto, S.Pd., M.Si. 2. drh. Cahyono Purbomartono, M.Sc. |
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Berargumentasi, Model Pembelajaran, Problem Based Learning dan Hasil belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi S1 |
Depositing User: | Users 28 not found. |
Date Deposited: | 22 Dec 2017 01:02 |
Last Modified: | 22 Dec 2017 01:02 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6352 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |