ARIES SETIYADI (2013) UPAYA MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI AKTIVITAS EKONOMI DALAM MEMANFAATKAN SUMBER DAYA ALAM PADA PEMBELAJARAN IPS MELALUI PENERAPAN MODEL OUTDOOR ACTIVITY DI KELAS IV MI MUHAMMADIYAH KRAMAT. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
ARIES SETIYADI - COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
ARIES SETIYADI - BAB I.pdf Download (536kB) | Preview |
Preview |
Text
ARIES SETIYADI - BAB II.pdf Download (613kB) | Preview |
![]() |
Text
ARIES SETIYADI - BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (641kB) |
![]() |
Text
ARIES SETIYADI - BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
ARIES SETIYADI - BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
ARIES SETIYADI - BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (523kB) |
Preview |
Text
ARIES SETIYADI - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) | Preview |
![]() |
Text
ARIES SETIYADI - LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (84MB) |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan rasa ingin tahu
dan prestasi belajar IPS siswa materi aktivitas ekonomi dalam memanfaatkan
sumber daya alam dengan menggunakan model pembelajaran
outdoor activity
,
subyek penelitian adalah siswa kelas IV MI Muhammadiyah Kramat dengan
jumlah siswa 26. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang
dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan, setiap
pertemuan terdiri dari 2 jam pelajaran. Prosedur pelaksanaan setiap siklus
meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.
Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi guru dan siswa. Untuk
memperoleh data rasa ingin tahu siswa dalam penelitian ini menggunakan lembar
skala sikap rasa ingin tahu. Hasil lembar skala sikap rasa ingin tahu siswa tersebut
pada siklus I memperoleh jumlah skor 1086 diperoleh rata-rata 41 dengan
presentase 83,53%, kriteria rasa ingin tahu baik dan pada siklus II memperoleh
skor 1172 diperoleh rata-rata 45 dengan presentase 90,15%, rasa ingin tahu sangat
baik, tapi meningkat dibandingkan siklus I. Sedangkan prestasi belajar siswa pada
siklus I mendapatkan ketuntasan belajar 69,23%, dan pada siklus II mendapatkan
ketuntasan belajar 88,46%, dengan demikian disimpulkan bahwa model
pembelajaran
outdoor activity
dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi
belajar IPS siswa kelas IV MI Muhammadiyah Kramat.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | 1.Drs.Pamujo, M.M, M.Pd., 2. Drs. Sri Harmianto, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Rasa ingin tahu, prestasi belajar, ips, outdoor activity |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Users 28 not found. |
Date Deposited: | 22 Dec 2017 00:32 |
Last Modified: | 24 Sep 2019 02:47 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6351 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |