ALVIANTI, IDHA (2015) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA TUNANETRA DI SEKOLAH LUAR BIASA BAGIAN ABCD KUNCUP MAS BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
IDHA ALVIANTI COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
IDHA ALVIANTI BAB I.pdf Download (685kB) | Preview |
Preview |
Text
IDHA ALVIANTI BAB II.pdf Download (762kB) | Preview |
![]() |
Text
IDHA ALVIANTI BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (613kB) |
![]() |
Text
IDHA ALVIANTI BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (814kB) |
![]() |
Text
IDHA ALVIANTI BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (667kB) |
Preview |
Text
IDHA ALVIANTI DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (652kB) | Preview |
![]() |
Text
IDHA ALVIANTI LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan media pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa tunanetra di Sekolah Luar Biasa Bagian ABCD Kuncup Mas Banyumas Tahun Pelajaran 2014/2015.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang di dalamnya mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa tunanetra di Sekolah Luar Biasa Bagian ABCD Kuncup Mas Banyumas Tahun Pelajaran 2014/2015. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas, kepala sekolah, dan siswa tunanetra yang berjumlah 5 (lima) siswa di Sekolah Luar Biasa Bagian ABCD Kuncup Mas Banyumas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis deskriptif kualitatif, dengan menggunakan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan verivication.
Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) jenis media yang terdapat pada kelas tunanetra adalah media berdasarkan alat bantu pembelajaran, antara lain: papan Braille, Regglete dan Stilus, buku Braille, dan Al-qur’an Braille, (2) cara penggunaan media disesuaikan dengan materi yang akan disampaikan, dan melihat kondisi (kebutuhan) siswa dan (3) faktor pendukungnya yaitu keterampilan dan kreatifitas guru, ketepatan guru dalam menentukan media, dan keaktifan siswa, sedangkan (4) faktor penghambatnya yaitu belum ada buku pegangan dalam bentuk Braille untuk siswa, ketersediaan sarana yang belum lengkap, penguasaan siswa pada huruf Braille dan keterbatatasan waktu saat pembelajaran.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Ibnu Hasan, S. Ag., M.S.I. |
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam; Tunanetra; |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Dan Kh |
Date Deposited: | 21 Dec 2017 04:28 |
Last Modified: | 21 May 2024 07:19 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6341 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |