SOFYANA, HANIFAKH HANA (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KESEIMBANGAN TUBUH MELALUI METODE BERMAIN HALANG RINTANG ANAK KELOMPOK B TK BELIMBING MULYA DESA ONJE KECAMATAN MREBET KABUPATEN PURBALINGGA SEMESTER GENAP TAHUN 2013-2014. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of HANIFAKH HANA SOFYANA COVER.pdf]
Preview
Text
HANIFAKH HANA SOFYANA COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of HANIFAKH HANA SOFYANA BAB I.pdf]
Preview
Text
HANIFAKH HANA SOFYANA BAB I.pdf

Download (662kB) | Preview
[thumbnail of HANIFAKH HANA SOFYANA BAB II.pdf]
Preview
Text
HANIFAKH HANA SOFYANA BAB II.pdf

Download (808kB) | Preview
[thumbnail of HANIFAKH HANA SOFYANA BAB III.pdf] Text
HANIFAKH HANA SOFYANA BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (786kB)
[thumbnail of HANIFAKH HANA SOFYANA BAB IV.pdf] Text
HANIFAKH HANA SOFYANA BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (766kB)
[thumbnail of HANIFAKH HANA SOFYANA BAB V.pdf] Text
HANIFAKH HANA SOFYANA BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (639kB)
[thumbnail of HANIFAKH HANA SOFYANA DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
HANIFAKH HANA SOFYANA DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (662kB) | Preview
[thumbnail of HANIFAKH HANA SOFYANA LAMPIRAN.pdf] Text
HANIFAKH HANA SOFYANA LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan keseimbangan
tubuh melalui metode bermain halang rintang anak kelompok B TK Belimbing
Mulya Desa Onje Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga semester genap
tahun 2013-2014. Anak didik di TK tersebut berjumlah 15 anak dengan 8 anak
laki-laki dan 7 anak perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan
Kelas (PTK) yang dilakukan melalui 2 siklus, setiap siklus terdapat 3 kali
pertemuan. Dalam setiap pertemuan yang dilakukan peneliti menggunakan
rencana kegiatan harian (RKH) sebagai pedoman. Waktu penelitian penelitian
dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2013-2014. Sumber data yang
digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan metode
dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik
analisis deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif dengan persentase
ketuntasan hasil belajar anak berkisar 75%. Hasil observasi pada kondisi awal
anak terhadap kemampuan keseimbangan tubuh, anak yang berkembang sesuai
harapan (BSH) sebanyak 3 anak (20%), anak yang mulai berkembang (MB) 10
anak (67%), sedangkan anak yang belum berkembang (BB) ada 2 anak (13%).
Pada siklus I terjadi peningkatan yaitu ada 7 anak (46,67%) yang mulai
berkembang (MB), anak yang sudah mulai berkembang sesuai harapan (BSH) ada
8 anak (53,33%), sedangkan anak yang belum berkembang (BB) dan berkembang
sangat baik (BSB) adalah 0 anak. pada siklus II peningkatan yang terjadi cukup
tinggi yaitu terdapat 9 anak (60%) yang sudah berkembang sesuai harapan (BSH),
3 anak (20%) berkembang sangat baik (BSB, 3 anak (20%) mulai berkembang
(MB), sedangkan anak yang belum berkembang (BB) adalah 0. Tindak lanjut bagi
anak yang belum berkembang sesuai harapan (BSH) perlu mendapat bimbingan
dan motovasi terus serta dapat di tingkatkan kembali menggunakan metode
bermain halang rintang atau metode lain yang sesuai.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sutomo, M.Si. dan Drs. Pamujo, M.M.,M.Pd
Uncontrolled Keywords: keseimbangan tubuh, metode bermain, halang rintang, anak usia dini
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini S1
Depositing User: Dan Kh
Date Deposited: 15 Dec 2017 06:56
Last Modified: 10 Feb 2025 02:01
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6232

Actions (login required)

View Item View Item