PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI PENINGGALAN SEJARAH MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DIKELAS IV MI SALAFIYAH 02 KALIMAS

FAUZIYAH, TITIN TRIANI (2011) PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI PENINGGALAN SEJARAH MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DIKELAS IV MI SALAFIYAH 02 KALIMAS. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_TITIN TRIYANI FAUZIYAH_PGSD'11.pdf

Download (625kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_TITIN TRIYANI FAUZIYAH_PGSD'11.pdf

Download (553kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_TITIN TRIYANI FAUZIYAH_PGSD'11.pdf

Download (652kB) | Preview
[img] Text
BAB III_TITIN TRIYANI FAUZIYAH_PGSD'11.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (760kB)
[img] Text
BAB IV_TITIN TRIYANI FAUZIYAH_PGSD'11.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (715kB)
[img] Text
BAB V_TITIN TRIYANI FAUZIYAH_PGSD'11.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (537kB)
[img] Text
LAMPIRAN_TITIN TRIYANI FAUZIYAH_PGSD'11.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar IPS siswa pokok bahasan peninggalan sejarah melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams-Achievement Divisions). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Salafiyah 02 Kalimas yang berjumlah 29 siswa.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus dimana dalam setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan.setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Untuk memperoleh data motivasi belajar siswa yaitu dengan menggunakan angket motivasi belajar, sedangkan untuk memperoleh data prestasi belajar dalam penelitian ini menggunakan lembar evaluasi yang diberikan pada setiap akhir pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian, motivasi belajar siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 38,92 sedangkan untuk prestasi belajarnya diperoleh prestasi ketuntasan belajar sebesar 59,34. Kemudian hasil penelitian motivasi belajar siswa pada siklus II diperoleh rata-rata 50,37 sedangkan untuk prestasi belajarnya diperoleh prestasi ketuntasan belajar sebesar 86%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar IPS.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs.Pamujo, M.M.,M.Pd., dan Muhammad Afandi, S.Pd.,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Prestasi belajar, IPA,Kooperatif STAD
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 15 Dec 2017 02:42
Last Modified: 15 Dec 2017 02:42
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/6203

Actions (login required)

View Item View Item