FAUZIYAH, TITIN TRIANI (2011) PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI PENINGGALAN SEJARAH MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DIKELAS IV MI SALAFIYAH 02 KALIMAS. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
|
Text
COVER_TITIN TRIYANI FAUZIYAH_PGSD'11.pdf Download (625kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I_TITIN TRIYANI FAUZIYAH_PGSD'11.pdf Download (553kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II_TITIN TRIYANI FAUZIYAH_PGSD'11.pdf Download (652kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB III_TITIN TRIYANI FAUZIYAH_PGSD'11.pdf Restricted to Repository staff only Download (760kB) |
|
![]() |
Text
BAB IV_TITIN TRIYANI FAUZIYAH_PGSD'11.pdf Restricted to Repository staff only Download (715kB) |
|
![]() |
Text
BAB V_TITIN TRIYANI FAUZIYAH_PGSD'11.pdf Restricted to Repository staff only Download (537kB) |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN_TITIN TRIYANI FAUZIYAH_PGSD'11.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar IPS siswa pokok bahasan peninggalan sejarah melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams-Achievement Divisions). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Salafiyah 02 Kalimas yang berjumlah 29 siswa.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus dimana dalam setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan.setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Untuk memperoleh data motivasi belajar siswa yaitu dengan menggunakan angket motivasi belajar, sedangkan untuk memperoleh data prestasi belajar dalam penelitian ini menggunakan lembar evaluasi yang diberikan pada setiap akhir pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian, motivasi belajar siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 38,92 sedangkan untuk prestasi belajarnya diperoleh prestasi ketuntasan belajar sebesar 59,34. Kemudian hasil penelitian motivasi belajar siswa pada siklus II diperoleh rata-rata 50,37 sedangkan untuk prestasi belajarnya diperoleh prestasi ketuntasan belajar sebesar 86%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar IPS.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Drs.Pamujo, M.M.,M.Pd., dan Muhammad Afandi, S.Pd.,M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Motivasi, Prestasi belajar, IPA,Kooperatif STAD |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Iin Hayuningtyas |
Date Deposited: | 15 Dec 2017 02:42 |
Last Modified: | 15 Dec 2017 02:42 |
URI: | https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/6203 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |