KHOTIJAH, SITI (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK CERITA ANAK MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISON) DI KELAS V SD NEGERI 2 PENANGGUNGAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
|
Text
SITI KHOTIJAH COVER.pdf Download (642kB) | Preview |
|
|
Text
SITI KHOTIJAH BAB I.pdf Download (553kB) | Preview |
|
|
Text
SITI KHOTIJAH BAB II.pdf Download (578kB) | Preview |
|
![]() |
Text
SITI KHOTIJAH BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (606kB) |
|
![]() |
Text
SITI KHOTIJAH BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (666kB) |
|
![]() |
Text
SITI KHOTIJAH BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (539kB) |
|
|
Text
SITI KHOTIJAH DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (536kB) | Preview |
|
![]() |
Text
SITI KHOTIJAH LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi dari permasalahan yang peneliti temukan ketika berkunjung di SD Negeri 2 Penanggungan. Permasalahan yang ditemukan adalah mengenai kelemahan siswa untuk menyimak cerita dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, yang dikarenakan kemampuan menyimak siswa berbeda-beda. Oleh karena itu, perlu diterapkan suatu pendekatan dalam pembelajaran, yang dapat membina kerja sama antara siswa yang kemampuan menyimaknya sudah baik dan siswa yang kemampuan menyimaknya masih rendah, yakni dengan menerapkan Pembelajaran Kooperatif tipe STAD dalam proses pembelajaran menyimak unsur-unsur cerita anak. STAD merupakan salah satu tipe Pembelajaran Kooperatif yang proses pembelajarannya membutuhkan proses kerja sama dan diskusi yang menyenangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa setiap siklusnya. Pada siklus I nilai ratarata siswa meningkat menjadi 73.68 dengan ketuntasan belajar siswa sebesar 73,68%. Kemudian pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 86,68, dengan ketuntasan belajar sebesar 95%. Kinerja mengalami peningkatan, yaitu pada siklus I nilai yang diperoleh peneliti sebesar 92,5 dan pada siklus II meningkat menjadi 95. Jadi, kesimpulan dalam penelitian ini adalah kemampuan menyimak cerita siswa kelas V SD Negeri 2 Penanggungan, setelah peneliti menerapkan Pembelajaran Kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran Bahasa Indonesia mengalami peningkatan.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Enuh Zainuddin, MA dan Drs. Sri Harmianto, |
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Menyimak; Kooperatif STAD; Cerita Anak; |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Riski Wismana |
Date Deposited: | 14 Dec 2017 04:08 |
Last Modified: | 14 Dec 2017 04:08 |
URI: | https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/6183 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |