PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK CERITA ANAK MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISON) DI KELAS V SD NEGERI 2 PENANGGUNGAN

KHOTIJAH, SITI (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK CERITA ANAK MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISON) DI KELAS V SD NEGERI 2 PENANGGUNGAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
SITI KHOTIJAH COVER.pdf

Download (642kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SITI KHOTIJAH BAB I.pdf

Download (553kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SITI KHOTIJAH BAB II.pdf

Download (578kB) | Preview
[img] Text
SITI KHOTIJAH BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (606kB)
[img] Text
SITI KHOTIJAH BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (666kB)
[img] Text
SITI KHOTIJAH BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (539kB)
[img]
Preview
Text
SITI KHOTIJAH DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (536kB) | Preview
[img] Text
SITI KHOTIJAH LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi dari permasalahan yang peneliti temukan ketika berkunjung di SD Negeri 2 Penanggungan. Permasalahan yang ditemukan adalah mengenai kelemahan siswa untuk menyimak cerita dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, yang dikarenakan kemampuan menyimak siswa berbeda-beda. Oleh karena itu, perlu diterapkan suatu pendekatan dalam pembelajaran, yang dapat membina kerja sama antara siswa yang kemampuan menyimaknya sudah baik dan siswa yang kemampuan menyimaknya masih rendah, yakni dengan menerapkan Pembelajaran Kooperatif tipe STAD dalam proses pembelajaran menyimak unsur-unsur cerita anak. STAD merupakan salah satu tipe Pembelajaran Kooperatif yang proses pembelajarannya membutuhkan proses kerja sama dan diskusi yang menyenangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa setiap siklusnya. Pada siklus I nilai ratarata siswa meningkat menjadi 73.68 dengan ketuntasan belajar siswa sebesar 73,68%. Kemudian pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 86,68, dengan ketuntasan belajar sebesar 95%. Kinerja mengalami peningkatan, yaitu pada siklus I nilai yang diperoleh peneliti sebesar 92,5 dan pada siklus II meningkat menjadi 95. Jadi, kesimpulan dalam penelitian ini adalah kemampuan menyimak cerita siswa kelas V SD Negeri 2 Penanggungan, setelah peneliti menerapkan Pembelajaran Kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran Bahasa Indonesia mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Enuh Zainuddin, MA dan Drs. Sri Harmianto,
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Menyimak; Kooperatif STAD; Cerita Anak;
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 14 Dec 2017 04:08
Last Modified: 14 Dec 2017 04:08
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/6183

Actions (login required)

View Item View Item