LUTFIANI, NENENG (2013) PENGARUH TINGKAT PARTISIPASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 PURWOKERTO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (555kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (584kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (667kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (910kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (538kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (20MB)

Abstract

Penelitian dengan judul pengaruh tingkat partisipasi belajar siswa
terhadap hasil belajar biologi menggunakan model pembelajaran Everyone is a
Teacher Here pada siswa kelas X SMA Negeri 4 Purwokerto, telah dilaksanakan
pada semester genap genap tahun ajaran 2012/2013. Penelitian dilakukan dengan
tujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat partisipasi belajar siswa terhadap hasil
belajar biologi menggunakan model pembelajaran Everyone is a Teacher Here.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan
teknik pengambilan sample secara cluster random sampling. Populasi penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas X. Teknik analisis data menggunakan uji Korelasi
Product Moment (rxy) dan dilanjutkan uji t untuk mengetahui tingkat signifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi belajar siswa meliputi aktivitas
bertanya, menjawab pertanyaan, berpendapat, memberikan sanggahan,
menjelaskan, mencatat, mengerjakan tugas, melaporkan tugas, mengerjakan LKS,
dan menyimpulkan menunjukan adanya korelasi pada semua kemampuan, namun
tingkat hubungannya bervariasi. Keadaan tersebut mempengaruhi hasil belajar
siswa yang ditunjukan dengan rata-rata nilai post-test kelas eksperimen mencapai
80,35, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 71,92. Hasil penelitian menunjukkan
adanya korelasi yang signifikan antara partisipasi belajar siswa dengan hasil
belajar biologi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa
tingkat partisipasi belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar biologi
menggunakan model pembelajaran Everyone is a Teacher Here pada siswa kelas
X SMA Negeri 4 Purwokerto.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Teguh Julianto, S.Pd. M.Si. dan Drs. Heri Maryanto,M.Si
Uncontrolled Keywords: Biologi, Everyone is a Teacher Here, hasil belajar, model pembelajaran, partisipasi Belajar Siswa
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi S1
Depositing User: Users 144 not found.
Date Deposited: 11 Dec 2017 06:47
Last Modified: 05 Nov 2024 03:18
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6099

Actions (login required)

View Item View Item