PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN PERMAINAN MONOPOLI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS/SEJARAH KELAS VII E SEMESTER GENAP SMP N 1 KEMBARAN TAHUN AJARAN 2012/2013

SUSANTI, TRI (2013) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN PERMAINAN MONOPOLI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS/SEJARAH KELAS VII E SEMESTER GENAP SMP N 1 KEMBARAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Tri Susanti Cover.pdf

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Tri Susanti Bab I.pdf

Download (547kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Tri Susanti Bab II.pdf

Download (618kB) | Preview
[img] Text
Tri Susanti Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (591kB)
[img] Text
Tri Susanti Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (991kB)
[img] Text
Tri Susanti Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (523kB)
[img]
Preview
Text
Tri Susanti Daftar Pustaka.pdf

Download (523kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan prestasi belajar peserta didik dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) /Sejarah melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan permainan monopoli. Subyek dalam penelitian ini adalah kelas VII E SMP Negeri I Kembaran yang berjumlah 32 peserta didik yang terdiridari 16 siswalaki-lakidan 16 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitiantin dakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaantindakan, observasi, danrefleksi.Untuk memperoleh data keaktifan dan prestasi belajar peserta didik dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan lembar observasi siswa dan angket keaktifan siswa. Hasil penelitian diperoleh aktivitas peserta didik pada siklus I keaktifan 21,86 termasuk dalam criteria kurang baik dan dari angket keaktifan siswa 37,18 termasuk dalam kriteria kurang baik dan pada siklus II 76,47 siswa termasuk dalam criteria baik dan dari angket partisipasi siswa 52,25 termasuk dalam kriteria baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together(NHT) yang dikolaborasikan dengan permainan monopoli dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar belajar peserta didik pada pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Suwarno, M.Si. dan Drs. Kartono, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kooperatif tipe NHT,Permainan Monopoli, Keaktifan dan Prestasi Belajarn, Mata Pelajaran IPS
Subjects: C Auxiliary Sciences of History > C Auxiliary sciences of history (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah S1
Depositing User: Nur Hardiansyah
Date Deposited: 11 Dec 2017 03:24
Last Modified: 11 Dec 2017 03:24
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/6085

Actions (login required)

View Item View Item