RESTIANI, RESTIANI (2013) PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN IPA BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 REMBANG PURBALINGGA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of Restiani Cover.pdf]
Preview
Text
Restiani Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Restiani Bab I.pdf]
Preview
Text
Restiani Bab I.pdf

Download (623kB) | Preview
[thumbnail of Restiani Bab II.pdf]
Preview
Text
Restiani Bab II.pdf

Download (720kB) | Preview
[thumbnail of Restiani Bab III.pdf] Text
Restiani Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (870kB)
[thumbnail of Restiani Bab IV.pdf] Text
Restiani Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (998kB)
[thumbnail of Restiani Bab V.pdf] Text
Restiani Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (608kB)
[thumbnail of Restiani Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
Restiani Daftar Pustaka.pdf

Download (611kB) | Preview
[thumbnail of Restiani Lampiran.pdf] Text
Restiani Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

dengan judul pengaruh aktivitas belajar dalam kegiatan pembelajaran IPA biologi dengan menggunakan model TGT (Team Games Tournament) terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 4 Rembang Purbalingga telah dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2012/2013. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas belajar dalam kegiatan pembelajaran IPA biologi dengan menggunakan model TGT (Team Games Tournament) terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIB (kelas eksperimen) dan VIIC (kelas kontrol) SMP Negeri 4 Rembang Purbalingga dengan teknik pengambilan sampel secara cluster random sampling. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi Product moment (rxy) dan dilanjutkan uji t untuk mengetahui tingkat signifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa yang terkait yaitu mengamati objek biologi, mengerjakan tugas, berpendapat, bertanya, berdiskusi, menjawab pertanyaan, mendeskripsikan, menghubungkan konsep, menjelaskan dan menyimpulkan menunjukan adanya korelasi pada semua aktivitas, namun tingkat hubungannya bervariasi. Keadaan tersebut mempengaruhi hasil belajar siswa yang ditunjukan dengan rata-rata nilai postes pada kelas eksperimen sebesar 83,82, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 69,24. Hasil analisis uji korelasi menunjukkan adanya korelasi yang signifikan antara aktivitas belajar IPA biologi dengan hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar IPA biologi pada model model TGT (Team Games Tournament) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 4 Rembang Purbalingga.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Teguh Julianto, S.Pd. M.Si. dan Drs. Heri Maryanto, M.Si.
Uncontrolled Keywords: aktivitas belajar, cluster random sampling, hasil belajar, IPA biologi, model pembelajaran TGT (Team Games Tournament)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi S1
Depositing User: Nur Hardiansyah
Date Deposited: 11 Dec 2017 03:06
Last Modified: 02 Jan 2025 06:19
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6082

Actions (login required)

View Item View Item