UPAYA MENINGKATKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI KEGIATAN EKONOMI DALAM MEMANFAATKAN SUMBER DAYA ALAM MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 GUNUNGLANGIT

ERNAYANTI, - (2013) UPAYA MENINGKATKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI KEGIATAN EKONOMI DALAM MEMANFAATKAN SUMBER DAYA ALAM MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 GUNUNGLANGIT. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_ERNAYANTI_PGSD'13.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_ERNAYANTI_PGSD'13.pdf

Download (690kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_ERNAYANTI_PGSD'13.pdf

Download (771kB) | Preview
[img] Text
BAB III_ERNAYANTI_PGSD'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (700kB)
[img] Text
BAB IV_ERNAYANTI_PGSD'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_ERNAYANTI_PGSD'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (536kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_ERNAYANTI_PGSD'13.pdf

Download (633kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_ERNAYANTI_PGSD'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap tanggung jawab dan prestasi belajar IPS materi kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam menggunakan model kooperatif tipe Think Pair Share pada siswa kelas IV SD Negeri I Gununglangit. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus dan setiap siklusnya terdiri 2 kali pertemuan. Prosedur pelaksanaan penelitian setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Objek dari pelakasanaan tindakan adalah siswa kelas IV yang terdiri dari 23 siswa. Teknik pengumpulan data untuk non tes menggunakan lembar observasi guru dan siswa, lembar angket, dan tes menggunakan lembar evaluasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan terdapat adanya peningkatan sikap tanggung jawab dan prestasi belajar siswa pada setiap siklusnya. Hasil dari angket tanggung jawab siswa pada siklus I diperoleh nilai sebesar 1119, dengan klasifikasi sikap tanggung jawab siswa kurang. Pada siklus II diperoleh nilai sebesar 1381, dengan kalsifikasi sikap tanggung jawab siswa baik. Hasil dari evaluasi siswa pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 73,91% dengan kriteria prestasi belajar siswa cukup. Pada siklus II diperoleh nilai ketuntasan belajar klasikal sebesar 86,95% dengan kriteria prestasi belajar siswa sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan sikap tanggung jawab dan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Gununglangit tahun ajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo MM, M.Pd., dan Drs. H. Sri Harmianto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: tanggung jawab, prestasi belajar, ips, model koopertaif tipe think pair share
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 08 Dec 2017 00:33
Last Modified: 08 Dec 2017 00:33
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/6024

Actions (login required)

View Item View Item