UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN INTERAKTIF SETTING KOOPERATIF (PISK) PADA SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 1 PATIKRAJA

HIKMAH, KHAYUL (2013) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN INTERAKTIF SETTING KOOPERATIF (PISK) PADA SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 1 PATIKRAJA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
KHAYUL HIKMAH COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
KHAYUL HIKMAH BAB I.pdf

Download (622kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KHAYUL HIKMAH BAB II.pdf

Download (658kB) | Preview
[img] Text
KHAYUL HIKMAH BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (922kB)
[img] Text
KHAYUL HIKMAH BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (959kB)
[img] Text
KHAYUL HIKMAH BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (606kB)
[img]
Preview
Text
KHAYUL HIKMAH DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (683kB) | Preview
[img] Text
KHAYUL HIKMAH LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan komunikasi matematika tertulis dan lisan siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Patikraja melalui Pembelajaran Interaktif Setting Kooperatif (PISK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII D SMP N 1 Patikraja yang berjumlah 34 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari 3 pertemuan dengan prosedur pelaksanaannya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Untuk memperoleh data kemampuan komunikasi matematika lisan siswa menggunakan lembar observasi yang dilakukan pada setiap pertemuan pembelajaran. Sedangkan untuk memperoleh data kemampuan komunikasi matematika tertulis siswa menggunakan tes yang diberikan pada setiap akhir siklus. Dari hasil tes kemampuan komunikasi matematika lisan siswa pada siklus I diperoleh persentase 60,29% dengan kriteria baik, pada siklus II diperoleh persentase 69,49% dengan kriteria baik dan pada siklus III diperoleh persentase 80,15% dengan kriteria sangat baik. Hasil tes kemampuan komunikasi matematika tertulis siswa pada siklus I diperoleh rata-rata sebesar 2,40; pada siklus II diperoleh rata-rata sebesar 2,96 dan pada siklus III diperoleh rata-rata sebesar 3,58. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran Interaktif Setting Kooperatif dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Patikraja.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Chumaedi Sugihandardji, S.Si., M.Si. dan Fitrianto Eko Subekti, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: kemampuan komunikasi matematika, model Pembelajaran Interaktif Setting Kooperatif (PISK)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika S1
Depositing User: Dan Kh
Date Deposited: 05 Dec 2017 05:16
Last Modified: 05 Dec 2017 05:16
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/5930

Actions (login required)

View Item View Item