HIKMAH, KHAYUL (2013) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN INTERAKTIF SETTING KOOPERATIF (PISK) PADA SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 1 PATIKRAJA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
|
Text
KHAYUL HIKMAH COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
KHAYUL HIKMAH BAB I.pdf Download (622kB) | Preview |
|
|
Text
KHAYUL HIKMAH BAB II.pdf Download (658kB) | Preview |
|
![]() |
Text
KHAYUL HIKMAH BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (922kB) |
|
![]() |
Text
KHAYUL HIKMAH BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (959kB) |
|
![]() |
Text
KHAYUL HIKMAH BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (606kB) |
|
|
Text
KHAYUL HIKMAH DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (683kB) | Preview |
|
![]() |
Text
KHAYUL HIKMAH LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (17MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan komunikasi matematika tertulis dan lisan siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Patikraja melalui Pembelajaran Interaktif Setting Kooperatif (PISK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII D SMP N 1 Patikraja yang berjumlah 34 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari 3 pertemuan dengan prosedur pelaksanaannya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Untuk memperoleh data kemampuan komunikasi matematika lisan siswa menggunakan lembar observasi yang dilakukan pada setiap pertemuan pembelajaran. Sedangkan untuk memperoleh data kemampuan komunikasi matematika tertulis siswa menggunakan tes yang diberikan pada setiap akhir siklus. Dari hasil tes kemampuan komunikasi matematika lisan siswa pada siklus I diperoleh persentase 60,29% dengan kriteria baik, pada siklus II diperoleh persentase 69,49% dengan kriteria baik dan pada siklus III diperoleh persentase 80,15% dengan kriteria sangat baik. Hasil tes kemampuan komunikasi matematika tertulis siswa pada siklus I diperoleh rata-rata sebesar 2,40; pada siklus II diperoleh rata-rata sebesar 2,96 dan pada siklus III diperoleh rata-rata sebesar 3,58. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran Interaktif Setting Kooperatif dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Patikraja.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Chumaedi Sugihandardji, S.Si., M.Si. dan Fitrianto Eko Subekti, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | kemampuan komunikasi matematika, model Pembelajaran Interaktif Setting Kooperatif (PISK) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika S1 |
Depositing User: | Dan Kh |
Date Deposited: | 05 Dec 2017 05:16 |
Last Modified: | 05 Dec 2017 05:16 |
URI: | https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/5930 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |