AYUNINGTYAS, TRI MAE (2013) PENGARUH MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH TONJONG KABUPATEN BREBES TAHUN AJARAN 2012-2013. S3 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of Tri Mae Ayuningtyas .... Cover.pdf]
Preview
Text
Tri Mae Ayuningtyas .... Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Tri Mae Ayuningtyas .... BAB I.pdf]
Preview
Text
Tri Mae Ayuningtyas .... BAB I.pdf

Download (548kB) | Preview
[thumbnail of Tri Mae Ayuningtyas  .... BAB  II.pdf]
Preview
Text
Tri Mae Ayuningtyas .... BAB II.pdf

Download (558kB) | Preview
[thumbnail of Tri Mae Ayuningtyas .... BAB III.pdf] Text
Tri Mae Ayuningtyas .... BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (683kB)
[thumbnail of Tri Mae Ayuningtyas ... BAB IV.pdf] Text
Tri Mae Ayuningtyas ... BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (708kB)
[thumbnail of Tri Mae Ayuningtyas .... BAB V.pdf] Text
Tri Mae Ayuningtyas .... BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB)
[thumbnail of Tri Mae Ayuningtyas .... DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
Tri Mae Ayuningtyas .... DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (559kB) | Preview
[thumbnail of Tri Mae Ayuningtyas ....LAMPIRAN.pdf] Text
Tri Mae Ayuningtyas ....LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan minat belajar bahas
a
Indonesia siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Tonjong Kabupaten Brebes Tahun
Ajaran 2012-2013 , mendeskripsikan motivasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas
VIII SMP Muhammadiyah Tonjong Kabupaten Brebes Tahun Ajaran 2012-2013,
pengaruh minat dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar bahasa indonesia kelas
VIII SMP
Muhammadiyah Tonjong Kabupaten Brebes Tahun Ajaran 2012-2013.
S
ubjek penelitian berjumlah 70 siswa yang terdiri dari kelas VIII A dan kelas
VIII D yang diperoleh berdasarkan teknik pengambilan sample yaitu Cluster Random
Sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket minat
belajar dan angket motivasi belajar. Berdasarkan uji validitas, diperoleh koefisien
validitas angket minat belajar bahasa Indonesia yang bergerak dari r = 0,361 sampai
dengan r = 0,709. Angket motivasi belajar bahasa Indonesia bergerak dari r = 0,389
sampai dengan r = 0,526. Hasil uji reliabilitas angket minat belajar bahasa Indonesi
a
diperoleh nilai
alpha
0,864 dan angket motivasi belajar bahasa Indonesia diperoleh
nilai
alpha
sebesar 0,785.
Berdasarkan hasil analisis data menggunakan analisis varian, diperoleh nilai F
hitungnya 178,5 dengan taraf signifikansi
0,000. Jika (P)
< 0,
05
maka adanya
pengaruh antara
minat dan motivasi terhadap prestasi belajar siswa. Selain nilai F,
diperoleh j
uga nilai R square sebesar 0
,
842 yang berarti bahwa 84,2
% prestasi
akade
mik dipengaruhi oleh minat
dan motivasi belajar, sedangkan sisanya
sebesar
15,8
% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak dimasukkan dalam model penelitian
ini. Minat belajar
kategori tinggi sebanyak 10 responden dengan p
rosentase
sebesa
r 14,3%, kategori sedang
sebanyak 51 responden dengan prosentase
sebesar 72,9
%, dan kategori
rendah
sebanyak 9 responden dengan prosentase
sebesar 12,9%. Motivasi belajar siswa
dengan kategori tinggi sebanyak 12
responden dengan prosentase sebesa
r 17,1%, kategori sedang
sebanyak 47 responden
dengan prosentase sebesar
67,1
%, dan kategori rendah
seb
anyak 11 responden dengan
prosentase sebesar 15,7%.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (S3)
Additional Information: Drs. Sukristanto M.Pd., Dra. Isnaeni Praptanti M.Pd
Uncontrolled Keywords: Minat, Motivasi, Prestasi Belajar Bahasa Indonesia.
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia S1
Depositing User: Kasto .
Date Deposited: 04 Dec 2017 02:38
Last Modified: 05 Nov 2024 03:44
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5861

Actions (login required)

View Item View Item