ARIANINGSIH, FAJRI (2011) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI TEKNIK MENCERITAKAN KEMBALI ISI CERPEN DARI MAJALAH PADA SISWA KELAS VIII G SMP N 2 RAKIT. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
Fajri Arianingsih_JUDUL.pdf Download (643kB) | Preview |
Preview |
Text
Fajri Arianingsih_BAB I.pdf Download (541kB) | Preview |
Preview |
Text
Fajri Arianingsih_BAB II.pdf Download (572kB) | Preview |
![]() |
Text
Fajri Arianingsih_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (570kB) |
![]() |
Text
Fajri Arianingsih_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (598kB) |
![]() |
Text
Fajri Arianingsih_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (529kB) |
Preview |
Text
Fajri Arianingsih_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (530kB) | Preview |
![]() |
Text
Fajri Arianingsih_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Teknik Menceritakan Kembali Isi Cerpen dari Majalah Pada Siswa Kelas VIII G SMP N 2 Rakit”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara dan peningkatan keaktifan siswa kelas VIII G SMP Negeri 2 Rakit setelah diajar dengan teknik menceritakan kembali isi cerpen dari majalah pada mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan melalui beberapa tahapan yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan (2 x 40 menit untuk pertemuan pertama dan 3 x 40 menit untuk pertemuan kedua).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Penggunaan teknik menceritakan kembali isi cerpen dari majalah dapat meningkatkan “Keterampilan Berbicara” siswa kelas VIII G SMP Negeri 2 Rakit pada mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Pada siklus I rata-rata keterampilan berbicara siswa sebesar 68,1 meningkat menjadi 78,1 pada siklus II. Sehingga dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan rata-rata keterampilan berbicara siswa sebesar 10. Penggunaan teknik menceritakan kembali isi cerpen dari majalah dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas VIII G SMP Negeri 2 Rakit pada mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Pada siklus I rata-rata keaktifan belajar siswa sebesar 59,4% kemudian menjadi 75% pada siklus II, sehingga terjadi peningkatan sebesar 15,6%.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Dra. Isnaeni Praptanti, M.Pd. dan Dra. Siti Fathonah, M.Hum. |
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Berbicara, Teknik Menceritakan Kembali Isi Cerpen |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia S1 |
Depositing User: | Bandriyah . |
Date Deposited: | 29 Nov 2017 01:56 |
Last Modified: | 29 Nov 2017 01:56 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5750 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |