ARIANINGSIH, FAJRI (2011) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI TEKNIK MENCERITAKAN KEMBALI ISI CERPEN DARI MAJALAH PADA SISWA KELAS VIII G SMP N 2 RAKIT. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of Fajri Arianingsih_JUDUL.pdf]
Preview
Text
Fajri Arianingsih_JUDUL.pdf

Download (643kB) | Preview
[thumbnail of Fajri Arianingsih_BAB I.pdf]
Preview
Text
Fajri Arianingsih_BAB I.pdf

Download (541kB) | Preview
[thumbnail of Fajri Arianingsih_BAB II.pdf]
Preview
Text
Fajri Arianingsih_BAB II.pdf

Download (572kB) | Preview
[thumbnail of Fajri Arianingsih_BAB III.pdf] Text
Fajri Arianingsih_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB)
[thumbnail of Fajri Arianingsih_BAB IV.pdf] Text
Fajri Arianingsih_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (598kB)
[thumbnail of Fajri Arianingsih_BAB V.pdf] Text
Fajri Arianingsih_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB)
[thumbnail of Fajri Arianingsih_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
Fajri Arianingsih_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (530kB) | Preview
[thumbnail of Fajri Arianingsih_LAMPIRAN.pdf] Text
Fajri Arianingsih_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Teknik Menceritakan Kembali Isi Cerpen dari Majalah Pada Siswa Kelas VIII G SMP N 2 Rakit”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara dan peningkatan keaktifan siswa kelas VIII G SMP Negeri 2 Rakit setelah diajar dengan teknik menceritakan kembali isi cerpen dari majalah pada mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan melalui beberapa tahapan yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan (2 x 40 menit untuk pertemuan pertama dan 3 x 40 menit untuk pertemuan kedua).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Penggunaan teknik menceritakan kembali isi cerpen dari majalah dapat meningkatkan “Keterampilan Berbicara” siswa kelas VIII G SMP Negeri 2 Rakit pada mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Pada siklus I rata-rata keterampilan berbicara siswa sebesar 68,1 meningkat menjadi 78,1 pada siklus II. Sehingga dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan rata-rata keterampilan berbicara siswa sebesar 10. Penggunaan teknik menceritakan kembali isi cerpen dari majalah dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas VIII G SMP Negeri 2 Rakit pada mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Pada siklus I rata-rata keaktifan belajar siswa sebesar 59,4% kemudian menjadi 75% pada siklus II, sehingga terjadi peningkatan sebesar 15,6%.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Isnaeni Praptanti, M.Pd. dan Dra. Siti Fathonah, M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berbicara, Teknik Menceritakan Kembali Isi Cerpen
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia S1
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 29 Nov 2017 01:56
Last Modified: 29 Nov 2017 01:56
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5750

Actions (login required)

View Item View Item