KUSUMA, DITA ERZA (2013) UPAYA MENINGKATKAN SIKAP DEMOKRATIS DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MATERI KEPUTUSAN BERSAMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DEBAT DI KELAS V SD NEGERI MERTASINGA 04 CILACAP. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
|
Text
Dita Erza Kusuma_JUDUL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Dita Erza Kusuma_BAB I.pdf Download (596kB) | Preview |
|
|
Text
Dita Erza Kusuma_BAB II.pdf Download (669kB) | Preview |
|
![]() |
Text
Dita Erza Kusuma_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (645kB) |
|
![]() |
Text
Dita Erza Kusuma_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
Dita Erza Kusuma_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (529kB) |
|
|
Text
Dita Erza Kusuma_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (533kB) | Preview |
|
![]() |
Text
Dita Erza Kusuma_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah karena kurangnya sikap demokratis siswa dalam suatu kegiatan diskusi kelompok serta rendahnya nilai prestasi belajar siswa yang masih belum mencapai KKM di kelas V SD Negeri Mertasinga 04 Cilacap pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi keputusan bersama. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap demokratis dan prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran debat. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Mertasinga 04 Cilacap yang berjumlah 25 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari 2 tindakan. Setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Untuk mengetahui peningkatan sikap demokratis siswa, peneliti menggunakan instrument penelitian berupa pedoman observasi siswa, angket sikap demokratis siswa dan wawancara siswa. Sedangkan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar, peneliti menggunakan instrument penelitian berupa tes tertulis serta kegiatan perdebatan yang dilaksanakan setiap pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian, angket sikap demokratis siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 30,88 serta prestasi belajar untuk ketuntasan belajar kelas adalah 60%. Hasil penelitian pada siklus II menunjukkan bahwa rata-rata angket sikap demokratis siswa adalah 34,76 serta ketuntasan belajar kelas adalah 92%. Kesimpulan dari penelitian yang telah dilaksanakan bahwa pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi keputusan bersama dengan menggunakan model pembelajaran debat dapat meningkatkan sikap demokratis dan prestasi belajar siswa di SD Negeri Mertasinga 04 Cilacap.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Drs. H. Sri Harmianto, M.Pd. dan Drs. Pamujo, M.M., M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Sikap Demokratis, Prestasi Belajar, Keputusan Bersama, Model Pembelajaran Debat |
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Bandriyah . |
Date Deposited: | 29 Nov 2017 01:45 |
Last Modified: | 29 Nov 2017 01:45 |
URI: | https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/5748 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |