PERBEDAAN CARING PERAWAT PADA KEPUASAN PASIEN IGD DENGAN RAWAT INAP KELAS III RSUD GOETENG TAROENADIBRATA PURBALINGGA TAHUN 2015

KHAIRUN, APRI RIJAL (2015) PERBEDAAN CARING PERAWAT PADA KEPUASAN PASIEN IGD DENGAN RAWAT INAP KELAS III RSUD GOETENG TAROENADIBRATA PURBALINGGA TAHUN 2015. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Apri Rijal Khairun COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Apri Rijal Khairun BAB I.pdf

Download (654kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Apri Rijal Khairun BAB II.pdf

Download (720kB) | Preview
[img] Text
Apri Rijal Khairun BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (729kB)
[img] Text
Apri Rijal Khairun BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (806kB)
[img] Text
Apri Rijal Khairun BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (587kB)
[img]
Preview
Text
Apri Rijal Khairun DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (640kB) | Preview
[img] Text
Apri Rijal Khairun LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (650kB)

Abstract

Latar belakang: Caring adalah perhatian perawat dengan sepenuh hati terhadap pasien. Kepedulian, empati, komunikasi yang lemah lembut dan rasa kasih sayang perawat terhadap pasien akan membentuk hubungan perawat-klien yang terapeutik. Caring merupakan hal yang penting dalam keperawatan sebagai bentuk praktik keperawatan professional dan termasuk indikator pelayanan dalam sebuah Rumah Sakit. Kepuasan pasien merupakan suatu tingkat perasaan pasien yang timbul sebagai akibat dari kinerja layanan kesehatan yang diperolehnya setelah pasien membandingkannya dengan apa yang diharapkan. Tujuan: Mengetahui perbedaan caring perawat pada kepuasan pasien IGD dan rawat inap kelas III RSUD Goeteng Taroenadibrata Purbalingga. Metode: penelitian ini adalah penelitian kuantitatif melalui studi comparasi, untuk mengkaji perbedaan antara caringperawat IGD dan rawat inap kelas III menggunakan pendekatan cross sectional, jumlah sempel kasus sejumlah 85 responden di IGD dan 85 responden di ruang rawat inap kelas III. Data yang diperoleh dianalisis ke dalam analisis univariat, dan bivariat dengan uji t-test 2 sampel independen. Hasil: analisis bivariat menunjukkan adanya perbedaan pelaksanaan caring perawat padakepuasan pasien IGD dan rawat inap kelas III (p= 0,000). Dan terdapat perbedaan terhadap tingkat kepuasan pasien di IGD dan ruang rawat inap kelas III (p= 0,025). Kesimpulan: kesimpulan penelitian ini adalah adanya perbedaan pelaksanaan caring perawat pada kepuasan pasien IGD dan rawat inap kelas III yaitu dengan kondisi yang lebih baik di ruang rawat inap kelas III terhadap tindakan caring perawat. Dan terdapat perbedaan terhadap tingkat kepuasan pasien IGD lebih tinggi tingkat kepuasannya dari kepuasan pasien rawat inap kelas III.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: PEMBIMBING I: Ns. Jebul Suroso, S.Kp., M.Kep PEMBIMBING II: Arikh Ratna Purwadi, S.Kep., Ns.MH
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Caring, kepuasan
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Novia Marantika
Date Deposited: 28 Nov 2017 07:15
Last Modified: 28 Nov 2017 07:15
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/5728

Actions (login required)

View Item View Item