PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 1 PANICAN

SAFRIYANI, FATMAH DWI (2013) PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 1 PANICAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_FATMAH DWI SAFRIYANI_PGSD'13.pdf

Download (713kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_FATMAH DWI SAFRIYANI_PGSD'13.pdf

Download (592kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_FATMAH DWI SAFRIYANI_PGSD'13.pdf

Download (725kB) | Preview
[img] Text
BAB III_FATMAH DWI SAFRIYANI_PGSD'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (677kB)
[img] Text
BAB IV_FATMAH DWI SAFRIYANI_PGSD'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_FATMAH DWI SAFRIYANI_PGSD'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (578kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_FATMAH DWI SAFRIYANI_PGSD'13.pdf

Download (649kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar IPA pada materi perubahan wujud benda melalui penerapan metode eksperimen di SD Negeri 1 Panican. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 39 siswa, terdiri dari 19 siswa laki- laki dan 20 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaboratif dengan guru kelas IV dan dilaksanakan selama dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggung jawab dan prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke sikus II. Tanggung jawab siswa pada siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 5,9% yaitu dari 82,88% dengan kriteria tanggung jawab baik sekali menjadi 88,78% dengan kriteria tanggung jawab baik sekali. Prestasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II juga mengalami peningkatan, yakni sebesar 33,33% dengan rata-rata persentase pada siklus I sebesar 52,57% dengan kriteria cukup dan pada siklus II mencapai 85,90% dengan kriteria baik sekali. Berdasarkan data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar IPA materi perubahan wujud benda di kelas IV SD Negeri 1 Panican.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si., dan Drs. Sony Irianto, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Metode Eksperimen, Tanggung Jawab, Prestasi, IPA, Perubahan Wujud Benda.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 24 Nov 2017 00:27
Last Modified: 24 Nov 2017 00:27
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/5613

Actions (login required)

View Item View Item