PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP MUHAMMADIYAH BANYUMAS

SUNARSO, . (2016) PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP MUHAMMADIYAH BANYUMAS. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
SUNARSO COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
SUNARSO BAB I.pdf

Download (657kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SUNARSO BAB II.pdf

Download (835kB) | Preview
[img] Text
SUNARSO BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (653kB)
[img] Text
SUNARSO BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (683kB)
[img] Text
SUNARSO BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (597kB)
[img] Text
SUNARSO LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (962kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan internet sebagai sumber pembelajaran pada mata pelajaran pendidikan agama Islam yang dalam hal ini dilakukan penelitian di SMP Muhammadiyah Banyumas. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan siswa kelas IX A. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian yang dilakukan pada pada subjek penelitian diatas, pemanfaatan internet sebagai sumber pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) memang memberikan kontribusi yang besar. Berdasarkan hasil penelitian ternyata siswa lebih terbantu dengan adanya internet. Selain itu dengan adanya internet wawasan mereka juga lebih luas dan efisien waktu. Bentuk pemanfaatan internet yang digunakan oleh siswa adalah elektronik mail (e-mail), search engine, dan sosial media. Dari berbagai bentuk pemanfaatan tersebut ternyata siswa masih mempunyai berbagai hambatan diantaranya komputer yang tidak memadai, materi di internet juga kurang valid dan terhambat oleh faktor ekonomi. Pemanfaatan internet sebagai sumber pembelajaran pada mata pelajaran pendidikan agama Islam juga membawa dampak positif dan negatif terhadap siswa. Dampak posistif tersebut diantaranya wawasan siswa bertambah luas, siswa tidak gaptek (gagap teknologi), dan ilmu pengetahuan tentang teknologi informasi juga bertambah. Sedangkan dampak negatif yang timbul diantaranya siswa lupa waktu, banyaknya situs pornografi, dan maniak games.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Ibnu Hasan, S. Ag., M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Internet, Sumber Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Dan Kh
Date Deposited: 21 Nov 2017 03:13
Last Modified: 21 Nov 2017 03:13
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/5532

Actions (login required)

View Item View Item