PRATAMA, RESTU KUNJUNG (2013) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERMAIN MEMANCING HURUF DI KELOMPOK BERMAIN BELIMBING MULYA KECAMATAN MREBET KABUPATEN PURBALINGGA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2012-2013. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
|
Text
COVER_RESTU KUNJUNG PRATAMA_PAUD'13.pdf Download (6MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I_RESTU KUNJUNG PRATAMA_PAUD'13.pdf Download (547kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II_RESTU KUNJUNG PRATAMA_PAUD'13.pdf Download (618kB) | Preview |
|
Text
BAB III_RESTU KUNJUNG PRATAMA_PAUD'13.pdf Restricted to Repository staff only Download (615kB) |
||
Text
BAB IV_RESTU KUNJUNG PRATAMA_PAUD'13.pdf Restricted to Repository staff only Download (660kB) |
||
Text
BAB V_RESTU KUNJUNG PRATAMA_PAUD'13.pdf Restricted to Repository staff only Download (537kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_RESTU KUNJUNG PRATAMA_PAUD'13.pdf Download (541kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN_RESTU KUNJUNG PRATAMA_PAUD'13.pdf Restricted to Repository staff only Download (20MB) |
Abstract
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak usia dini melalui metode bermain memancing huruf di Kelompok Bermain Belimbing Mulya Desa Onje Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga Semester Genap Tahun Ajaran 2012-2013. Subjek dalam penelitian ini adalah anak Kelompok Bermain Belimbing Mulya Desa Onje Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga Tahun Ajaran 2012- 2013 dengan jumlah 21 anak terdiri dari 11 putra dan 10 putri dengan usia 4-5 tahun. Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan kemampuan bahasa pada anak Kelompok Bermain Belimbing Mulya setelah melakukan tindakan bermain memancing huruf. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil observasi ditemukan bahwa pada kondisi awal kemampuan bahasa anak yang Belum Berkembang (BB) ada 5 anak (23,80%), Mulai Berkembang (MB) 13 anak (61,88%), Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 3 anak (14,28%), dan yang Berkembang Sangat Baik (BSB) adalah 0 anak (0%). Setelah melakukan permainan memancing huruf pada siklus I hasilnya adalah anak yang Belum Berkembang (BB) 0 anak (0%), Mulai Berkembang (MB) 11 anak (52,36%), Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 10 anak (47,6%), dan yang Berkembang Sangat Baik (BSB) adalah 0 anak (0%). Setelah tindakan siklus II hasilnya adalah anak yang Belum Berkembang (BB) 0 anak (0%), Mulai Berkembang (MB) 4 anak (19,04%) yaitu Faizal, Fian, Nila, dan Zian, Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 12 anak (57,12%) yaitu Alin, Reta, Feri, Isna, Isnan, Nabila, Rafi, Ozan, Syalma, Toro, Wahyu, dan Hafiz, dan yang Berkembang Sangat Baik (BSB) adalah 5 anak (23,8%) yaitu Adhwa, Ilham, Heddy, Maya, dan Tara. Sehingga penelitian berhasil meningkatkan kemampuan bahasa anak sebanyak 80,92 %. Bagi anak yang Mulai Berkembang (MB) dapat dilakukan perbaikan agar kemampuan bahasanya Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dengan melanjutkan pelaksanaan bermain memancing huruf dan dimotivasi agar keaktifan belajarnya juga meningkat.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Dra. Hj. Zakiyah, M.S.I, dan Anita Rosalina, ST, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Bahasa, Metode Bermain Memancing Huruf |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini S1 |
Depositing User: | Iin Hayuningtyas |
Date Deposited: | 20 Nov 2017 01:48 |
Last Modified: | 20 Nov 2017 01:48 |
URI: | https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/5483 |
Actions (login required)
View Item |