PENINGKATAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI MELALUI MODEL MIND MAPPING DI KELAS IV SD NEGERI 1 KALIREJO

MAHARDIKA, AGUNG TRI (2013) PENINGKATAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI MELALUI MODEL MIND MAPPING DI KELAS IV SD NEGERI 1 KALIREJO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_AGUNG TRI MAHARDIKA_PGSD'13.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_AGUNG TRI MAHARDIKA_PGSD'13.pdf

Download (629kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_AGUNG TRI MAHARDIKA_PGSD'13.pdf

Download (749kB) | Preview
[img] Text
BAB III_AGUNG TRI MAHARDIKA_PGSD'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (710kB)
[img] Text
BAB IV_AGUNG TRI MAHARDIKA_PGSD'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_AGUNG TRI MAHARDIKA_PGSD'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (578kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_AGUNG TRI MAHARDIKA_PGSD'13.pdf

Download (648kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_AGUNG TRI MAHARDIKA_PGSD'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kreativitas dan prestasi belajar IPS materi perkembangan teknologi di kelas IV SD Negeri 1 Kalirejo. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar IPS pokok bahasan Perkembangan Teknologi melalui model Mind Mapping di kelas IV SD Negeri 1 Kalirejo yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus dimana dalam setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Untuk memperoleh data kreativitas belajar siswa yaitu dengan menggunakan tes kreativitas, sedangkan untuk memperoleh data prestasi belajar dalam penelitian ini menggunakan evaluasi yang diberikan pada setiap pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian, kreativitas belajar siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 20,58 termasuk kriteria cukup kreatif, sedangkan untuk prestasi belajarnya diperoleh prestasi ketuntasan belajar sebesar 65,63%. Kemudian hasil penelitian kreativitas belajar siswa pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 29,67 termasuk kriteria sangat kreatif, sedangkan untuk prestasi belajarnya diperoleh prestasi ketuntasan belajar sebesar 100%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan model Mind Mapping dapat meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar IPS.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, M.M., M.Pd., dan Drs. Sri Harmianto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Prestasi belajar, IPS, Mind Mapping
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 20 Nov 2017 00:18
Last Modified: 20 Nov 2017 00:18
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/5462

Actions (login required)

View Item View Item