STUDI KOMPARASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DENGAN PEMBELAJARAN CORE DAN KONVENSIONAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 PATIKRAJA

MULIASIH, RINA OKISTA (2013) STUDI KOMPARASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DENGAN PEMBELAJARAN CORE DAN KONVENSIONAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 PATIKRAJA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Rina Okista Muliasih_JUDUL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Rina Okista Muliasih_BAB I.pdf

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Rina Okista Muliasih_BAB II.pdf

Download (630kB) | Preview
[img] Text
Rina Okista Muliasih_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (821kB)
[img] Text
Rina Okista Muliasih_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Rina Okista Muliasih_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (756kB)
[img]
Preview
Text
Rina Okista Muliasih_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (669kB) | Preview
[img] Text
Rina Okista Muliasih_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika dengan pembelajaran CORE lebih baik dari pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Patikraja tahun pelajaran 2012/2013. Pelaksanaan penelitian ini pada kelas VII semester genap. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Patikraja yang terdiri dari lima kelas. Sampel yang diambil terdiri dari tiga kelas yang dilakukan dengan pemilihan secara cluster sampling dengan memberikan pre test ke semua siswa kelas VII, yaitu siswa kelas VII A, VII D, dan VII E yang tiap kelas terdiri dari 34 siswa. Dengan kelas VII E sebagai kelas eksperimen menggunakan pembelajaran CORE dan kelas VII A sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional serta kelas VII D sebagai kelas uji coba instrumen. Dalam penelitian ini, metode pengumpulan data yang digunakan adalah berupa tes yang ditunjang dengan metode observasi dan dokumentasi sebagai pelengkap data. Setelah dilakukan uji t menggunakan bantuan program SPSS, diperoleh bahwa signifikansinya (P-value) = 0,012. Karena P-value < alpha = 0,05 , maka P-value = 0,012 berada di daerah penolakan Ho . Dengan kata lain bahwa pemahaman konsep siswa yang mengikuti pembelajaran CORE lebih baik dibandingkan dengan kemampuan pemahaman konsep siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Joko Purwanto, M.Si. dan Fitrianto Eko Subekti, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemahaman Konsep, Pembelajaran CORE, Pembelajaran Konvensional
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika S1
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 15 Nov 2017 01:47
Last Modified: 15 Nov 2017 01:47
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/5370

Actions (login required)

View Item View Item