HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN PENALARAN DAN MINAT MENULIS DENGAN KETERAMPILAN MENULIS RESENSI SISWA KELAS XI MAN SE -KABUPATEN BANYUMAS

TITIS SUKRAENI, DESI (2017) HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN PENALARAN DAN MINAT MENULIS DENGAN KETERAMPILAN MENULIS RESENSI SISWA KELAS XI MAN SE -KABUPATEN BANYUMAS. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Desi Titis Sukraeni ..... COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Desi Titis Sukraeni .... BAB I.pdf

Download (704kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Desi Titis Sukraeni ... BAB II.pdf

Download (802kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Desi Titis Sukraeni ... BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Desi Titis Sukraeni .... BAB IV.pdf

Download (852kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Desi Titis Sukraeni .... BAB V.pdf

Download (616kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Desi Titis Sukraeni.... DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (612kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Desi Titis Sukraeni .... LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Desi Titis Sukraeni, 1220104018, 2017. Hubungan antara Kemampuan Penalaran dan Minat Menulis dengan Keterampilan Menulis Resensi Siswa Kelas XI MAN Se -Kabupaten Banyumas . Tesis. Purwokerto: Program Studi Bahasa Indonesia Program Pasca Sarjana, Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya (1) hubungan antara kemampuan penalaran dengan keterampilan menulis resensi, (2) hubungan antara minat menulis dengan keterampilan menulis resensi, dan (3) hubungan antara kemampuan penalaran dan minat menulis secara bersama -sama dengan kemampuan menulis resensi. Penelitian ini dilaksanakan di tiga tempat, yaitu (1) MAN Purwokerto 1, (2) MAN Purwokerto 2 dan (3) MAN Sumpyuh. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan teknik korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswi kelas XI pada ketiga MAN tersebut. Sampel berjumlah 198 orang yang diambil dengan cara simple random sampling. Instrumen untuk mengumpulkan data adalah tes keterampilan menulis resensi, validitasnya menggunakan validitas isi dan reliabilitasnya menggunakan reliabilitas ratings. Instrumen tes kemampuan penalaran validitasnya menggunakan r -point biserial dan reliabilitasnya menggunakan KR -20. Sementara itu, instrument angket minat menulis, validitasnya menggunakan r -product moment dan reliabilitasnya menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik statistik regresi dan korelasi (sederhana dan ganda). Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) ada hubungan positif antara kemampuan penalaran dengan keterampilan menulis resensi (r y.1 = 0,170 pada taraf nyata 0,05 dengan N= 198 di mana r t = 0,210 ); (2) ada hubungan positif antara minat menulis dengan keterampilan menulis resensi (r y.2 =0,409 pada taraf nyata 0,05 dengan N= 198 di mana r t = 0,210 ); dan (3) ada hubungan positif antara kemampuan penalaran dan minat menulis resensi (R y.1 2 = 0,450 pada taraf nyata 0,05 dengan N= 198 di mana r t = 0,210 ) Dar i hasil penelitian di atas, dapat dinyatakan bahwa secara sendiri -sendiri maupun bersama -sama k emampuan penalaran dan minat menulis memberikan sumbangan yang berarti kepada keterampilan meneulis resensi. Ini menunjukkan bahwa kedua variabel tersebut dapat menjadi predictor yang baik bagi keterampilan menulis resensi

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: menulis resensi, kemampuan penalaran, minat menulis
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Program Pascasarjana > Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia S2
Depositing User: Kasto .
Date Deposited: 14 Nov 2017 03:37
Last Modified: 14 Nov 2017 03:38
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/5358

Actions (login required)

View Item View Item