PENINGKATAN RASAINGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI, KOMUNIKASI, DAN TRANSPO RTASI MELALUI PEMBELAJARAN INQUIRING MINDS WANT TO KNOW DI KELAS IV SD N EGERI 1 KLAPASAWIT

TIYAS, RIZKIANING (2016) PENINGKATAN RASAINGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI, KOMUNIKASI, DAN TRANSPO RTASI MELALUI PEMBELAJARAN INQUIRING MINDS WANT TO KNOW DI KELAS IV SD N EGERI 1 KLAPASAWIT. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (635kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (816kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (801kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (754kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (617kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Klapasawit Kecamatan Kalimanah Kabupaten Purbalingga pada proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi melalui pembelajaran Inquiring Minds Want To Know . Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Model penelitian tindakan kelas yang digunakan adalah model Kemmis dan McTaggart. Subjek penelitian yaitu sis wa kelas IV SD Negeri 1 Klapasawit dengan jumla h seluruh siswa 22 anak yang terdiri dari 1 0 siswa laki -laki dan 12 siswa perempuan. Pelaksanaan tindakan dilakukan dalam 2 siklus, pada setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, o bservasi , skala sikap rasa ingin tahu, dokumentasi , dan wawancara . Tes digunakan untuk mengukur tingkat pemahaman konsep siswa terhadap materi yang sudah dipel ajari. Observasi dilakuka n un tuk mengamati aktivitas guru, dan aktivitas siswa selama pembelajaran dengan menggunakan lembar observas i. Skala sikap rasa ingin tahu siswa dilaksanakan setiap akhir siklus. Wawancara dilakukan pada sebelum pembelajaran dan sesudah pembelajaran. Hasil pen elitian menunjukkan pembelajaran Inquiring Minds Want To Know dapat meningkatkan sikap rasa ingin tahu siswa pada mata pelajaran IPS. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata -rata sikap rasa ingin tahu yaitu 2,75 dan pada siklus II memp eroleh nilai r ata -rata 3,57 dengan selisih nilai rata -rata dari siklus I ke siklus II yaitu 0,82 . Pembelajaran Inquiring Minds Want To Know juga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan meningk atnya nilai rata -rata evaluasi siswa dari siklus I ke siklus II. Nilai rata - rata siklus I yaitu 74 dan ketuntasan secara klasikal adalah 72,72%. Pada siklus II nilai rata - rata yaitu 87,63 dan ketuntasan secara klasikal 90,90%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sri Harmianto, M.Pd, dan Aji Heru Muslim, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Rasa Ingin Tah u , Prestasi Belajar, Pembelajaran Inquiring Minds Want To Know , IPS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 13 Nov 2017 02:10
Last Modified: 13 Nov 2017 02:10
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/5316

Actions (login required)

View Item View Item