HUBUNGAN KECERDASAN SPIRITUAL DAN TINGKAT PENDIDIKAN DENGAN KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATAN PADA PASIEN DI IRNA I RSUD PROF. DR. MARGONO SOEKARJO PURWOKERTO

WACHIDAH, USWATUN (2013) HUBUNGAN KECERDASAN SPIRITUAL DAN TINGKAT PENDIDIKAN DENGAN KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATAN PADA PASIEN DI IRNA I RSUD PROF. DR. MARGONO SOEKARJO PURWOKERTO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
USWATUN COVER.pdf

Download (619kB) | Preview
[img]
Preview
Text
USWATUN BAB I.pdf

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
USWATUN BAB II.pdf

Download (541kB) | Preview
[img] Text
USWATUN BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (568kB)
[img] Text
USWATUN BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (549kB)
[img] Text
USWATUN BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (494kB)
[img]
Preview
Text
USWATUN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (495kB) | Preview
[img] Text
USWATUN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (526kB)

Abstract

Latar Belakang: Perawat dalam menjalankan perannya untuk memberikan layanan keperawatan yang berkualitas dihadapkan pada berbagai masalah kompleks yang bersumber pada pasien, sehingga perawat membutuhkan kecerdasan spiritual untuk mengatasi masalah tersebut. Kualitas pelayanan keperawatan juga dipengaruhi faktor pendidikan. Tingkat pendidikan keperawatan yang tinggi berimplikasi pada meningkatnya pengetahuan tentang asuhan keperawatan, sehingga perawat dapat menerapkan pengetahuannya untuk meningkatkan kualitas pelayanannya kepada pasien. Tujuan: Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan spiritual dan tingkat pendidikan dengan kualitas pelayanan keperawatan pada pasien di IRNA I RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto. Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian adalah perawat di Instalasi Rawat Inap I RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto sebanyak 119 orang. Sampel penelitian sebanyak 55 orang diambil dengan teknik purposive random sampling. Analisis data menggunakan uji Rank Spearman. Hasil Penelitian: Kecerdasan spiritual perawat sebagian besar pada kategori tinggi sebanyak 37 orang (67,3%) dan sebagian kecil pada kategori sedang 18 orang (32,7%). Tingkat pendidikan perawat sebagian besar adalah DIII sebanyak 45 orang (81,8%) dan sebagian kecil SI/D4 Keperawatan-Ners sebanyak 10 orang (18,2%). Kualitas pelayanan keperawatan oleh perawat sebagian pada kategori baik sebanyak 39 orang (70,9%) dan sebagian kecil cukup baik sebanyak 16 orang (29,1%). Ada hubungan antara kecerdasan spiritual dengan kualitas pelayanan keperawatan pada pasien di IRNA I RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto (p = 0,002). Ada hubungan antara antara tingkat pendidikan dengan dengan kualitas pelayanan keperawatan pada pasien di IRNA I RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto (p = 0,025). Kesimpulan: Ada hubungan antara kecerdasan spiritual dan tingkat pendidikan dengan kualitas pelayanan keperawatan pada pasien.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Sodikin, M. Kes. dan Nur Indarwati, S. Kep.,Ns
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Spiritual; Pendidikan; Kualitas Pelayanan Keperawatan;
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 30 Jan 2017 02:03
Last Modified: 30 Jan 2017 02:03
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/531

Actions (login required)

View Item View Item