UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN GAYA KE ATAS DAN GAYA KAPILARITAS MELALUI KEGIATAN PERMAINAN BUNGA APUNG KELOMPOK B TK IT ANNIDA KECAMATAN SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS TAHUN AJARAN 2012-2013

TRIWIDADI, NOVITA SARI (2013) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN GAYA KE ATAS DAN GAYA KAPILARITAS MELALUI KEGIATAN PERMAINAN BUNGA APUNG KELOMPOK B TK IT ANNIDA KECAMATAN SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS TAHUN AJARAN 2012-2013. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Novita Sari Triwidadi_JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Novita Sari Triwidadi_BAB I.pdf

Download (615kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Novita Sari Triwidadi_BAB II.pdf

Download (941kB) | Preview
[img] Text
Novita Sari Triwidadi_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (837kB)
[img] Text
Novita Sari Triwidadi_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (964kB)
[img] Text
Novita Sari Triwidadi_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (665kB)
[img]
Preview
Text
Novita Sari Triwidadi_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (612kB) | Preview
[img] Text
Novita Sari Triwidadi_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini berjudul “ Upaya Meningkatkan Pemahaman Gaya ke Atas dan Gaya Kapilaritas Melalui Kegiatan Permainan Bunga Apung Kelompok B TK IT ANNIDA Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas Semester Genap Tahun Ajaran 2012-2013”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang gaya ke atas dan gaya kapilaritas pada anak usia dini, karena pemahaman gaya ke atas dan gaya kapilaritas pada anak didik TK IT ANNIDA masih sangat rendah. Penelitian ini dilakukan pada anak didik kelompok B TK IT ANNIDA dengan jumlah anak didik 20 anak yang terdiri dari 12 anak putra dan 8 anak putri. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus, setiap siklus 3 kali pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dan dokumentasi, sedangkan tehnik analisis data menggunakan tehnik deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada pemahaman gaya ke atas dan gaya kapilaritas pada anak yang semakin meningkat dari kondisi awal. Pada kondisi awal, anak didik yang belum berkembang (BB) sebanyak 12 anak atau 60% masih membutuhkan bimbingan, sedangkan anak yang mulai berkembang (MB) sebanyak 5 anak atau 25%, 3 anak atau 15% sudah berkembang sesuai harapan (BSH), sedang anak yang berkembang sangat baik sesuai indikator yang diterapkan (BSB). Setelah diadakan penelitian tindakan kelas pada siklus I, keberhasilan anak (BSB) semakin meningkat yaitu sebanyak 5 anak atau 25%, sedangkan 8 anak atau 40% sudah mencapai indikator keberhasilan (BSH), 3 anak atau 15% mulai berkembang (MB) dan 4 anak atau 20% masih belum berkembanga (BB). Kemudian peneliti melanjutkan perbaikan dengan melaksanakan siklus yang ke II, pemahaman tentang gaya ke atas dan gaya kapilaritas anak semakin meningkat terlihat dari anak yang mencapai indikator (BB) sudah tidak ada. Sedang 2 anak atau 10% mulai berkembang (MB), 12 anak atau 60% sudah berkembang sesuai harapan (BSH), dan 6 anak atau 30% sudah mencapai indikator (BSB). Jika mengacu pada prosentase keberhasilan yang telah ditetapakan, hasil peningkatan pemahaman gaya ke atas dan gaya kapilaritas anak telah mencapai tingkat keberhasilan ≥80%, maka tindakan perbaikan pada siklus II telah berhasil. Dalam penelitian ini masih terdapat 2 anak yang Mulai Berkembang (MB), sehingga pihak sekolah perlu mengadakan tindak lanjuti dengan menggunakan metode yang lain, sesuai contoh dengan menggunakan benda-benda yang ada di lingkungan sekitar anak .

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Tri Na’imah, S.Psi., M.Si. dan Yuki Widiasari, S.Sos., M.A.
Uncontrolled Keywords: Gaya Ke Atas, Gaya Kapilaritas, Kegiatan Bermain Bunga Apung
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini S1
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 06 Nov 2017 03:31
Last Modified: 06 Nov 2017 03:31
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/5163

Actions (login required)

View Item View Item