PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL KOMPONEN PEMODELAN SISWA KELAS VIIIA SMP NEGERI 06 BANTARKAWUNG KECAMATAN BANTARKAWUNG KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2011/2012

SUGIANTO, ANDES (2012) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL KOMPONEN PEMODELAN SISWA KELAS VIIIA SMP NEGERI 06 BANTARKAWUNG KECAMATAN BANTARKAWUNG KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Andes Sugianto_JUDUL.pdf

Download (591kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Andes Sugianto_BAB I.pdf

Download (545kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Andes Sugianto_BAB II.pdf

Download (554kB) | Preview
[img] Text
Andes Sugianto_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB)
[img] Text
Andes Sugianto_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (724kB)
[img] Text
Andes Sugianto_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB)
[img]
Preview
Text
Andes Sugianto_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (527kB) | Preview
[img] Text
Andes Sugianto_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (768kB)

Abstract

Peningkatan keterampilan menulis puisi dengan pendekatan kontekstual pemodelan siswa kelas VIII A SMP Negeri 06 Bantarkawung kecamatan bantarkawung kabupaten brebes tahun ajaran 2011/2012. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan keterampilan siswa dalam menulis puisi dengan menggunakan pendekatan kontekstual komponen pemodelan. Subjek penelitian ini yaitu peningkatan keterampilan menulis puisi dengan pendekatan kontekstual komponen pemodelan siswa kelas VIII A SMP Negeri Bantarkawung Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012. Variabel dalam penelitian ini adalah keterampilan menulis puisi dan pendekatan kontekstual komponen pemodelan. Pengumpulan data pada tahap siklus I dan siklus II menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah mengikuti pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan pendekatan kontekstual komponen pemodelan, rata-rata klasikal siswa kelas VIII A SMP Negeri Bantarkawung Kabupaten Brebes dari nilai siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan sebesar 10,72%. Pada siklus I nilai rata-rata klasikal menulis puisi sebesar 68, sedangkan pada sikluis II nilai rata-rata klasikap menulis puisi sebesar 78,72. Peningkatan keterampilan menulis puisi ini juga diikuti dengan perubahan perilaku siswa dari perilaku yang negatif ke arah yang lebih positif.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Sukristanto, M.Pd. dan Drs. H. Sarwidi. M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis Puisi, Pendekatan Kontekstual, Komponen Pemodelan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia S1
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 06 Nov 2017 01:18
Last Modified: 06 Nov 2017 01:18
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/5142

Actions (login required)

View Item View Item