MUZAKI, FAJAR (2013) PENDIDIKAN KARAKTER BAGI ANAK USIA DINI DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
COVER_FAJAR MUZAKI_PAI'13.pdf Download (704kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I_FAJAR MUZAKI_PAI'13.pdf Download (592kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II_FAJAR MUZAKI_PAI'13.pdf Download (623kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB III_FAJAR MUZAKI_PAI'13.pdf Restricted to Registered users only Download (562kB) |
![]() |
Text
BAB IV_FAJAR MUZAKI_PAI'13.pdf Restricted to Registered users only Download (767kB) |
![]() |
Text
BAB V_FAJAR MUZAKI_PAI'13.pdf Restricted to Registered users only Download (564kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA_FAJAR MUZAKI_PAI'13.pdf Download (565kB) | Preview |
Abstract
Tujuan diadakannya penelitian ini adalah mendiskripsikan pendidikan
karakter bagi anak usia dini dalam perspektif pendidikan islam.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan ( library research) atau
studi pustaka. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi,
sedangkan metode analisis data menggunakan kajian isi (content analisis).
Hasil dari penelitian ini adalah dalam proses internalisasi pendidikan
karakter memerlukan strategi yang baik agar potensi yang dibawa oleh setiap
dapat berkembang dengan baik, anak perlu pengawalan dan pembiasaan. Dengan
pengawalan yang baik maka potensi itu akan berkembang hingga memiliki akhlak
atau kepribadian mulia. Sebaliknya potensi itu akan semakin redup manakala
dikotori oleh lingkungannya. Berbagai lembaga sangat mempengaruhi pendidikan
karakter bagi anak usia dini. Di antaranya adalah lembaga keluarga yang
merupakan wahana pertama dan utama dalam media perkembangan anak, peran
sekolah dan pendidik saat anak mulai memasuki lembaga pendidikan seperti
PAUD atau TK, peran pemerintah dalam membuat keputusan yang mendukung
pendidikan karakter pada anak dan juga peran media sebagai suatu alat
komunikasi dan hiburan yang sangat mempengaruhi proses perkembangan anak
usia dini. Dalam proses pendidikan karakter bagi anak usia dini maka diperhatikan
pilar-pilar karakter yakni; moral knowing, moral loving atau moral feeling dan
moral doing. Nilai karakter yang perlu dikembangkan seperti; cinta kepada Alloh
SWT, tanggung jawab, jujur, tolong menolong. Lalu fungsi pendidikan karakter
sebagai alat agar manusia menjadi insan kamil yang utuh, sehingga akan tercapai
tujuannya dalam membentuk seorang manusia yang berakhlak mulia. Dalam
melaksanakan pendidikan karakterpun perlu dengan berbagai metode seperti;
keteladanan, pembiasaan, latihan, dan melalui pemberian hadiah dan hukuman.
Model pendidikan dengan model TADZKIRAH, ISTIQOMAH, IQRA-FIKIRDZIKIR,
dan hendaklah memperhatikan prinsip anak sebagai manusia mini
sehingga dalam proses internalisasi karakter pada anak usia dini akan sesuai
dengan apa yang diperintahkan dan diajarkan dalam Islam.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: H. Ibnu Hasan S.Ag, M.S.I |
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter, Anak Usia Dini, Pendidikan Islam |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Iin Hayuningtyas |
Date Deposited: | 06 Nov 2017 00:41 |
Last Modified: | 14 Nov 2024 01:58 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5134 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |