PRAWENING, NARESWARI KARTIKA (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG MENGGUNAKAN PERMAINAN ULAR TANGGA PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI ENERGI TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN KERJA KERAS SISWA KELAS IV SD NEGERI 01 KARANGNANAS. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
|
Text
COVER.pdf Download (993kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (697kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (809kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (912kB) |
|
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (685kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (693kB) | Preview |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh lebih baik model pembelajaran langsung menggunakan permainan ular tangga pada materi energi terhadap prestasi belajar IPA dan kerja keras siswa kelas IV SD Negeri 01 Karangnanas. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent (Pretest-Posttest) Control Group Design . Penelitian dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 01 Karangnanas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV B sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling . Teknik pengumpulan data prestasi belajar IPA menggunakan postes yang berbentuk soal uraian berjumlah 5 butir, sedangkan teknik pengumpulan data kerja keras siswa dilaksanakan melalui teknik angket. Data dihitung menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Hasil penelitian pada prestasi belajar IPA diperoleh t hitung > t tabel atau 3,422 > 2,000 sehingga H o ditolak dan H a diterima, yang artinya terdapat pengaruh penggunaan permainan ular tangga pada materi energi terhadap prestasi belajar IPA. Hasil penelitian pada kerja keras siswa menunjukkan bahwa t hitung > t tabel atau 3,320 > 2,000 sehingga H o ditolak dan H a diterima, yang artinya terdapat pengaruh penggunaan permainan ular tangga pada materi energi terhadap kerja keras siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si., dan Lia Mareza, M.A., |
Uncontrolled Keywords: | IPA, Kerja Keras, Permainan Ular Tangga, Prestasi Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | eko wahyudi |
Date Deposited: | 31 Oct 2017 01:21 |
Last Modified: | 31 Oct 2017 01:21 |
URI: | https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/5063 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |