PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG MENGGUNAKAN PERMAINAN ULAR TANGGA PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI ENERGI TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN KERJA KERAS SISWA KELAS IV SD NEGERI 01 KARANGNANAS

PRAWENING, NARESWARI KARTIKA (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG MENGGUNAKAN PERMAINAN ULAR TANGGA PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI ENERGI TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN KERJA KERAS SISWA KELAS IV SD NEGERI 01 KARANGNANAS. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (993kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (697kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (809kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (912kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (685kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (693kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh lebih baik model pembelajaran langsung menggunakan permainan ular tangga pada materi energi terhadap prestasi belajar IPA dan kerja keras siswa kelas IV SD Negeri 01 Karangnanas. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent (Pretest-Posttest) Control Group Design . Penelitian dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 01 Karangnanas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV B sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling . Teknik pengumpulan data prestasi belajar IPA menggunakan postes yang berbentuk soal uraian berjumlah 5 butir, sedangkan teknik pengumpulan data kerja keras siswa dilaksanakan melalui teknik angket. Data dihitung menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Hasil penelitian pada prestasi belajar IPA diperoleh t hitung > t tabel atau 3,422 > 2,000 sehingga H o ditolak dan H a diterima, yang artinya terdapat pengaruh penggunaan permainan ular tangga pada materi energi terhadap prestasi belajar IPA. Hasil penelitian pada kerja keras siswa menunjukkan bahwa t hitung > t tabel atau 3,320 > 2,000 sehingga H o ditolak dan H a diterima, yang artinya terdapat pengaruh penggunaan permainan ular tangga pada materi energi terhadap kerja keras siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si., dan Lia Mareza, M.A.,
Uncontrolled Keywords: IPA, Kerja Keras, Permainan Ular Tangga, Prestasi Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 31 Oct 2017 01:21
Last Modified: 31 Oct 2017 01:21
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/5063

Actions (login required)

View Item View Item