PRAWISADANI, YAUZA (2017) TEKNIK PERSUASI DAN GAYA BAHASA BERDASARKAN STRUKTUR KALIMAT PADA SLOGAN IKLAN DALAM APLIKASI BELANJA DI GOOGLE PLAY PERIODE FEBRUARI 2017. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of YAUZA PRAWISADANI COVER.pdf]
Preview
Text
YAUZA PRAWISADANI COVER.pdf

Download (851kB) | Preview
[thumbnail of YAUZA PRAWISADANI BAB I.pdf]
Preview
Text
YAUZA PRAWISADANI BAB I.pdf

Download (579kB) | Preview
[thumbnail of YAUZA PRAWISADANI BAB II.pdf]
Preview
Text
YAUZA PRAWISADANI BAB II.pdf

Download (845kB) | Preview
[thumbnail of YAUZA PRAWISADANI BAB III.pdf] Text
YAUZA PRAWISADANI BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB)
[thumbnail of YAUZA PRAWISADANI BAB IV.pdf] Text
YAUZA PRAWISADANI BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (778kB)
[thumbnail of YAUZA PRAWISADANI BAB V.pdf] Text
YAUZA PRAWISADANI BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB)
[thumbnail of YAUZA PRAWISADANI DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
YAUZA PRAWISADANI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (629kB) | Preview
[thumbnail of YAUZA PRAWISADANI LAMPIRAN.pdf] Text
YAUZA PRAWISADANI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian berjudul Teknik Persuasi dan Gaya Bahasa Berdasarkan
Struktur Kalimat pada Slogan Iklan dalam Aplikasi Belanja di Google Play
Periode Februari 2017 bertujuan untuk (1) mendeskripsikan teknik persuasi
(rasionalisasi, identifikasi, sugesti, konformitas, kompensasi, penggantian dan
proyeksi) pada slogan iklan dalam aplikasi belanja di Google Play periode Februari
2017 dan (2) mendeskripsikan gaya bahasa berdasarkan struktur kalimat (kilmaks,
antiklimaks, paralelisme, antitesis dan repetisi) pada slogan iklan dalam aplikasi
belanja di Google Play periode Februari 2017.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini 50
wacana tulis pada slogan iklan dalam aplikasi belanja di Google Play periode Februari
2017. Sedangkan sumber datanya berupa slogan iklan yang terdapat pada aplikasi
belanja di Google Play periode Februari 2017. Metode dan teknik penelitian ini terinci
dalam tiga tahap penelitian yaitu: tahap penyedian data, tahap penganalisisan data, dan
tahap penyajian hasil penganalisisan data. Dalam tahap penyedian data menggunakan
metode simak dengan teknik dasar berupa Simak Bebas Libat Cakap (SBLC) dan
teknik lanjutan berupa teknik catat. Tahap penganalisisan data menggunakan metode
padan referensial dengan teknik dasar yaitu teknik Pilah Unsur Penentu (PUP). Selain
itu juga menggunakan metode agih dengan teknik dasar berupa Bagi Unsur Langsung
(BUL) dan teknik lanjutan berupa teknik ganti. Tahap penyajian data menggunakan
metode penyajian informal.
Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa slogan iklan dalam aplikasi
belanja di Google Play periode Februari 2017 mengandung teknik persuasi dan gaya
bahasa berdasarkan struktur kalimat. Berdasarkan hasil data dan pembahasan, maka
dapat disimpulkan bahwa penggunaan (1) teknik persuasi pada slogan iklan dalam
aplikasi belanja di Google Play periode Februari 2017 meliputi (rasionalisasi,
identifikasi, sugesti, konformitas dan kompensasi). Selanjutnya (2) gaya bahasa
berdasarkan struktur kalimat pada slogan iklan dalam aplikasi belanja di Google Play
periode Februari 2017 meliputi (klimaks, antiklimaks, antitesis dan repetisi).

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Hj. Tutut Tugiati, M.Hum. dan Drs. Eko Suroso M.Pd.
Uncontrolled Keywords: teknik persuasi, gaya bahasa berdasarkan stuktur kalimat, slogan iklan, aplikasi belanja, Google Play
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia S1
Depositing User: Dan Kh
Date Deposited: 27 Oct 2017 00:44
Last Modified: 11 Dec 2024 05:49
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4969

Actions (login required)

View Item View Item