SEPTIANA, ALIF (2014) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PETANAHAN TAHUN AJARAN 2013 / 2014. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of Alif Septiana_JUDUL.pdf]
Preview
Text
Alif Septiana_JUDUL.pdf

Download (994kB) | Preview
[thumbnail of Alif Septiana_BAB I.pdf]
Preview
Text
Alif Septiana_BAB I.pdf

Download (706kB) | Preview
[thumbnail of Alif Septiana_BAB II.pdf]
Preview
Text
Alif Septiana_BAB II.pdf

Download (717kB) | Preview
[thumbnail of Alif Septiana_BAB III.pdf] Text
Alif Septiana_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Alif Septiana_BAB IV.pdf] Text
Alif Septiana_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (924kB)
[thumbnail of Alif Septiana_BAB V.pdf] Text
Alif Septiana_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (620kB)
[thumbnail of Alif Septiana_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
Alif Septiana_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (622kB) | Preview
[thumbnail of Alif Septiana_LAMPIRAN.pdf] Text
Alif Septiana_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode Guided Discovery terhadap keterampilan proses sains siswa kelas X SMA N 1 Petanahan Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian control group post-test desain. Sampel yang dijadikan penelitian ini adalah siswa kelas X MS 4 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X MS 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Data penelitian yang digunakan adalah data aktivitas keterampilan proses sains dan data hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran Guided Discovery berpengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa pada kelas eksperimen. Selain itu, penggunaan metode Guided Discovery juga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Pada kelas eksperimen nilai rata-rata post-test sebesar 50,711, sedangkan pada kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional nilai rata-rata sebesar 43,733.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dini Siswani Mulia, S.Pi., M.Si. dan Teguh Julianto, S.Pd., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Metode Penelitian Guided Discovery, Keterampilan Proses Sains, Control Group Post-Test Desain, Konvensional, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi S1
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 25 Oct 2017 03:25
Last Modified: 25 Oct 2017 03:25
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4950

Actions (login required)

View Item View Item