CAHYANINGRUM, FERLIANI (2017) STUDI KORELASI KOMPETENSI PEDAGOGIS GURU AKIDAH DENGAN PRESTASI BELAJAR DI KELAS X SMA MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL ZAM-ZAM CILONGOK TAHUN AJARAN 2016/2017. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of FERLIANI CAHYANINGRUM COVER.pdf]
Preview
Text
FERLIANI CAHYANINGRUM COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of FERLIANI CAHYANINGRUM BAB I.pdf]
Preview
Text
FERLIANI CAHYANINGRUM BAB I.pdf

Download (725kB) | Preview
[thumbnail of FERLIANI CAHYANINGRUM BAB II.pdf]
Preview
Text
FERLIANI CAHYANINGRUM BAB II.pdf

Download (772kB) | Preview
[thumbnail of FERLIANI CAHYANINGRUM BAB III.pdf] Text
FERLIANI CAHYANINGRUM BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (680kB)
[thumbnail of FERLIANI CAHYANINGRUM BAB IV.pdf] Text
FERLIANI CAHYANINGRUM BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (906kB)
[thumbnail of FERLIANI CAHYANINGRUM BAB V.pdf] Text
FERLIANI CAHYANINGRUM BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (654kB)
[thumbnail of FERLIANI CAHYANINGRUM DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
FERLIANI CAHYANINGRUM DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (693kB) | Preview
[thumbnail of FERLIANI CAHYANINGRUM LAMPIRAN.pdf] Text
FERLIANI CAHYANINGRUM LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji korelasi kompetensi pedagogis guru akidah dengan
prestasi belajar yang dilakukan di Kelas X SMA Muhammadiyah Boarding
School (MBS) Zam-zam Cilongok Tahun Ajaran 2016/2017. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya korelasi antara kompetensi
pedagogis guru akidah dengan prestasi belajar dan untuk mengetahui besarnya
sumbangan kompetensi pedagogis guru akidah terhadap prestasi belajar di Kelas
X SMA MBS Zam-zam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Proses penelitian
bersifat deduktif. Strategi yang digunakan adalah strategi penelitian survei untuk
memaparkan secara kuantitatif opini dari populasi tertentu dengan meneliti
sampel dari populasi tersebut yang menggunakan studi cross-sectional dengan
kuesioner. Populasi penelitian adalah santri kelas X SMA MBS Zam-zam
sebanyak 55 santri yang terdiri dari 27 santri kelas XA dan 28 santri kelas XB.
Sampel yang diambil adalah 20 santri dari kelas XA dan 20 santri kelas XB.
Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data
menggunakan statistik parametrik dengan korelasi Pearson Product Moment
menggunakan aplikasi SPSS ver 16.0.
Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak ada korelasi yang signifikan
antara kompetensi pedagogis guru akidah dan prestasi belajar di SMA MBS Zamzam.
Hal ini diketahui karena hasil perhitungan tidak memenuhi prasyarat r hitung
yang harus lebih dari r tabel (rxy > rt) dan p value harus kurang dari alfa (p value <
α). Hasil perhitungan tersebut yaitu r hitung (rxy) kurang dari r tabel(rt) yaitu 0,403
> 0,125 < 0,312 (rt1% > rxy < rt5%), serta p valuelebih dari α (0,443 > 0,05). Korelasi
antara kedua variabel tidak signifikan tetapi arah korelasinya positif yang berarti
kedua variabel berjalan searah atau sinkron. Sumbangan variable X (kompetensi
pedagogis) terhadap variable Y (prestasi belajar) sebesar 1,9 %.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Darodjat, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kompetensi pedagogis, prestasi belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Dan Kh
Date Deposited: 23 Oct 2017 01:54
Last Modified: 03 Jul 2024 00:49
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4868

Actions (login required)

View Item View Item