PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI GAYA DAN GERAK MELALUI COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER BAGI SISWA KELAS VI SD NEGERI 2 SERAYULARANGAN

FAUZIYAH, BUDIARTI (2011) PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI GAYA DAN GERAK MELALUI COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER BAGI SISWA KELAS VI SD NEGERI 2 SERAYULARANGAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
BUDIARTI FAUZIYAH COVER.pdf

Download (219MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BUDIARTI FAUZIYAH BAB I.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BUDIARTI FAUZIYAH BAB II.pdf

Download (570kB) | Preview
[img] Text
BUDIARTI FAUZIYAH BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (569kB)
[img] Text
BUDIARTI FAUZIYAH BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BUDIARTI FAUZIYAH BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (494kB)
[img]
Preview
Text
BUDIARTI FAUZIYAH DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (496kB) | Preview
[img] Text
BUDIARTI FAUZIYAH LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar IPA siswa kelas VI SD Negeri 2 Serayularangan tahun ajaran 2010/2011 pada pokok bahasan gaya dan gerak dengan menggunakan model cooperative learning tipe NHT. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 2 Serayularangan yang terdiri dari 23 siswa, yaitu 14 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dengan alokasi waktu 2 x 35 menit untuk setiap pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Untuk mengukur kemampuan siswa dalam menguasai materi pelajaran yang diberikan, pada setiap siklus diadakan tes evaluasi akhir siklus. Setiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pada pembelajaran IPA menunjukkan bahwa penggunaan model cooperative learning tipe NHT dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Pada siklus I skor rata-rata motivasi belajar siswa 43,91 dengan kriteria motivasi belajar tinggi, meningkat menjadi 50,96 dengan kriteria motivasi belajar tinggi pada siklus II. Pada pelaksanaan tes evaluasi siklus I diperoleh rata-rata kelas 73,91 dengan persentase ketuntasan belajar secara klasikal 69,57%, kemudian meningkat menjadi rata-rata yang diperoleh 83,04 dengan persentase ketuntasan belajar secara klasikal 91,30% pada siklus II. Kata kunci: Motivasi belajar, Prestasi belajar, IPA, Cooperative Learning

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si. dan Subuh Anggoro, S.Pi, M.Pi,
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar, Prestasi belajar, IPA, Cooperative Learning Tipe NHT
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 23 Jan 2017 03:38
Last Modified: 23 Jan 2017 03:38
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/485

Actions (login required)

View Item View Item