SUKRINIAM, - (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS MULTIMEDIA FLASH PADA KD TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA Ya BAKII 1 KESUGIHAN KABUPATEN CILACAP. D4 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
COVER_SUKRINIAM_PASCASARJANA'17.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I_SUKRINIAM_PASCASARJANA'17.pdf Download (575kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II_SUKRINIAM_PASCASARJANA'17.pdf Download (759kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB III_SUKRINIAM_PASCASARJANA'17-4.pdf Restricted to Repository staff only Download (688kB) |
![]() |
Text
BAB IV_SUKRINIAM_PASCASARJANA'17.pdf Restricted to Repository staff only Download (839kB) |
![]() |
Text
BAB V_SUKRINIAM_PASCASARJANA'17-6.pdf Restricted to Repository staff only Download (548kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA_SUKRINIAM_PASCASARJANA'17-7.pdf Download (546kB) | Preview |
![]() |
Text
LAMPIRAN_SUKRINIAM_PASCASARJANA'17-8.pdf Restricted to Repository staff only Download (542kB) |
Abstract
Bahan ajar adalah seperangkat materi pembelajaran yang disusun secara
sistematis, menampilkan sosok utuh dari kompetensi yang akan dikuasai siswa
dalam kegiatan pembelajaran. Pada dasarnya berisi tentang pengetahuan, nilai,
sikap, tindakan dan ketrampilan yang berisi pesan, informasi dan ilustrasi berupa
fakta, konsep, prisip, dan proses yang terkait dengan pokok bahasa tertentu yang
di arahkan untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Mata pelajaran Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran
penting dalam kurikulum sebagai upaya untuk membentuk karakter siswa.
Sebagai mata pelajaran yang wajib dan penting yang disampaikan dalam
pembelajaran baik ditingkat dasar sampai perguruan tinggi, maka proses
pembelajaran bahasa Indonesia harus berjalan dengan baik dan menyenangkan
salah satunya dengan memilih bahan ajar yang tepat dan tepat. Seiring dengan
perkembangan teknologi informatika, guru memanfaatkan untuk mengembangkan
bahan ajar sesuai dengan kebutuhan, seefektif dan seefesien mungkin dalam
proses pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar interaktif
berbasis multimedia dengan menggunakan program macromedia flash pada mata
pelajaran bahasa Indonesia , kd teks laporan hasil observasi untuk mengetahui
dampak prestasi belajar, yang dikemas dalam bentuk multimedia interaktif
berbasis multimedia flash.
Jenis penelitian yang peneliti pakai yaitu penelitian pengembangan atau
yang kita kenal dengan istilah lain Research and Development (R&D) dengan
tahapan penelitian sebagai berikut:
1. analisis, meliputi menganalisis kurikulum, siswa dan materi pembelajaran.
2. desai, meliputi perencanaan dan penyusunan garis besar materi ajar.
3. development, pengembangan bahan ajara dalam bentuk multimedia dengan
menggunaka program macromedia flash dan validasi ahli terhadap bahan ajar.
4. implementasi, yaitu uji coba terhadap bahan ajar untuk meningkatkan
prestasi belajar siswa dan,
5. Evaluasi yaitu mengevaluasi pelaksanaan penggunaan bahan ajar interaktif
berbasis multimedia flash dengan ketercapaian tujuan pembelajaran.
Hasil pengembangan bahan ajar interaktif berbasis multimedia flash pada kd teks
laporan hasil observasi hasil kriteria valid dengan presentasi hasil uji coba ahli
materi.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (D4) |
Additional Information: | Pembimbing: Dr. H. Kuntoro, M.Hum. |
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, bahan ajar interaktif berbasis multimedia flash, bahasa Indonesia, kelas X SMA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Program Pascasarjana > Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia S2 |
Depositing User: | Iin Hayuningtyas |
Date Deposited: | 20 Oct 2017 01:32 |
Last Modified: | 20 Oct 2017 01:32 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4797 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |